Selasa 03 Oct 2023 05:20 WIB

Intelijen Turki 'Netralisasi' Dalang Serangan Teror PKK pada 2007

Serangan teror PKK pada 2007 menewaskan 12 tentara Turki.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Militer Turki.
Foto: google.com
Militer Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA --- Intelijen Turki 'menetralisasi' dalang dari serangan teror Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tahun 2007 yang menewaskan 12 tentara Turki di provinsi tenggara Turki, Hakkari, sebuah sumber keamanan mengatakan pada Senin (2/10/2023).

Teroris yang menjadi dalang tersebut, Muzdelif Taskin, yang juga merupakan petugas ketertiban umum PKK/YPG di Suriah, "dinetralisasi" di distrik Qamishli di Suriah utara, kata sumber tersebut dengan syarat tidak mau disebutkan namanya, karena adanya larangan berbicara kepada media.

Baca Juga

Taskin telah mengorganisasi, mendalangi, dan secara pribadi berpartisipasi dalam berbagai serangan selama 35 tahun terakhir. Termasuk serangan tahun 2007 terhadap pasukan Turki yang menewaskan 12 orang dan melukai 16 lainnya.

Pihak berwenang Turki menggunakan istilah "menetralisasi" untuk menyiratkan bahwa para teroris yang bersangkutan telah menyerah atau terbunuh atau tertangkap.

Dalam kampanye teror selama lebih dari 35 tahun melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG adalah cabangnya di Suriah.

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement