Selasa 03 Oct 2023 11:43 WIB

AS Minta Cina Bujuk Korea Utara untuk Kembali ke Meja Diplomasi

Presiden Cina dan Rusia akan bertemu guna memperkuat kerja sama dengan Korut.

 Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kiri, berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing pada 27 Maret 2018.
Foto: AP/KCNA via KNS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kiri, berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing pada 27 Maret 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) meminta Cina menggunakan pengaruhnya untuk mendorong Korea Utara mengambil langkah-langkah memperluas konflik dan kembali ke jalur diplomasi, kata Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Senin (2/10/2023).

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Matthew Miller, membuat pernyataan tersebut di tengah rencana pertemuan puncak antara Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Beijing bulan ini, yang bisa memperkuat kerja sama kedua negara itu dengan Korea Utara.

Baca Juga

"Salah satu yang kami desak dalam percakapan kami dengan pejabat Cina adalah bahwa Cina memiliki posisi unik dalam menggunakan pengaruhnya terhadap DPRK guna mendesak mereka mengambil langkah-langkah deeskalasi dan kembali ke jalur diplomasi," kata dia dalam konferensi pers yang dilansir kantor berita Yonhap.

DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara,  Republik Demokratik Rakyat Korea. "Kami akan terus mendorong mereka agar menggunakan pengaruh itu sejauh mungkin sesuai keinginan mereka," tambah dia.

Xi dan Putin diperkirakan bertemu dalam forum internasional terkait Prakarsa Sabuk dan Jalan, bulan ini, setelah Putin bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di pusat antariksa Rusia pada 13 September.

Pertemuan itu terjadi setelah AS memperkuat kerja sama keamanan trilateral dengan Korea Selatan dan Jepang di tengah ancaman militer Korea Utara yang terus membesar, dan semakin agresifnya Cina, serta perang Rusia di Ukraina.

Miller menegaskan kembali kekhawatiran Washington terhadap peningkatan kerja sama antara Rusia dan Korea Utara. "Kami mengkhawatirkan peningkatan hubungan antara Rusia dan Korea Utara, khususnya terkait potensi pengiriman senjata baik dari DPRK ke Rusia maupun dari Rusia ke DPRK," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement