Rabu 04 Oct 2023 21:16 WIB

Dubes RI untuk Korsel Terima Special Ambassador Award

Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan yang istimewa.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kanan) mendapatkan penghargaan Special Ambassador yang diberikan dalam acara Korea Day di Seoul pada Rabu (3/10/2023).
Foto: Dok KBRI Seoul
Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (kanan) mendapatkan penghargaan Special Ambassador yang diberikan dalam acara Korea Day di Seoul pada Rabu (3/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mendapatkan penghargaan Special Ambassador yang diberikan dalam acara Korea Day di Seoul pada Rabu (3/10/2023). Presiden World Cultural Association Diana Park menyatakan, penyematan ini diberikan atas prestasi mempromosikan budaya Indonesia.

“Penghargaan Special Ambassador disampaikan kepada Duta Besar RI untuk Republik Korea atas prestasi untuk promosi budaya Indonesia dalam rangka pertukaran budaya Indonesia dan Korea selama Peringatan 50 Tahun Persahabatan kedua negara," ujar Diana.

Baca Juga

Diana mengatakan, Indonesia dan Korea Selatan memiliki hubungan yang istimewa. Kedua negara menyaksikan kerja sama di berbagai sektor semakin meningkat pada 2023, termasuk di bidang kebudayaan.

"Kami yakin hal ini tidak lepas dari peran aktif oleh Kedutaan Besar RI di Seoul. Oleh karena itu, kami bangga menyampaikan penghargaan Special Ambassador Award kepada Duta Besar Gandi Sulistiyanto," kata Diana.

Gandi menjelaskan, penghargaan yang diterimanya dinilai sejalan dengan tema besar peringatan persahabatan Indonesia Korea Selatan "Closer Friendship and Stronger Partnership”. "penghargaan ini merupakan testimoni dari penguatan kerjasama people to people diplomacy bidang seni dan budaya," katanya.

Menurut Gandi, Diplomasi seni dan budaya memainkan peran kunci dalam pemajuan hubungan bilateral antara kedua negara. "Selama lima dekade, kemajuan tidak hanya dirasakan di bidang politik dan ekonomi tetapi juga di bidang seni dan kebudayaan," ujarnya dikutip dari pernyataan pers.

Acara Peringatan Korea Day diselenggarakan bertepatan dengan National Foundation Day of Korea (Gaecheonjeol). Acara ini merupakan peringatan berdirinya negara Korea pertama kalinya, Gojoseon, oleh Dangun, Pendiri negara Korea pada 2333 BCE. World Cultural Association merupakan asosiasi yang kredibel dan fokus pada promosi pertukaran budaya antara Korea Selatan dengan negara-negara sahabat. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement