Senin 09 Oct 2023 14:03 WIB

Iran Bangga Hamas Serang Israel

Iran pun memuji keberhasilan Hamas melakukan serangan kejutan ke Israel

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Iran menyebut aksi Hamas yang menyerang ke Israel sebagai hal yang membanggakan.
Foto: AP
Pemerintah Iran menyebut aksi Hamas yang menyerang ke Israel sebagai hal yang membanggakan.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Pemerintah Iran menyebut aksi Hamas yang menyerang ke Israel sebagai hal yang membanggakan. Iran pun memuji keberhasilan Hamas dan menganggapnya sebagai kemenangan besar.

“Operasi kemenangan ini, yang akan memfasilitasi dan mempercepat keruntuhan rezim Zionis, menjanjikan kehancuran rezim Zionis,” kata Ali Akbar Velayati, penasihat senior Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, dikutip laman Al Arabiya, Ahad (8/10/2023).

Baca Juga

“Saya mengucapkan selamat atas kemenangan besar dan strategis ini, yang merupakan peringatan serius bagi semua pihak yang berkompromi di kawasan ini,” tambah Velayati dalam suratnya kepada Hamas dan Jihad Islam.

Pada Ahad lalu, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyatakan negaranya mendukung hak warga Palestina untuk membela diri. “Iran mendukung pembelaan sah bangsa Palestina,” kata Raisi, dikutip televisi pemerintah Iran.

“Rezim Zionis (Israel) dan pendukungnya bertanggung jawab membahayakan keamanan negara-negara di kawasan, dan mereka harus bertanggung jawab dalam hal ini,” tambah Raisi.

Menurut kantor berita Iran, Islamic Republic News Agency (IRNA), pada Ahad lalu Raisi menjalin kontak dengan para pemimpin Hamas dan Jihad Islam.

“Raisi membahas perkembangan di Palestina melalui panggilan telepon terpisah dengan Ziyad al-Nakhalah, sekretaris jenderal Gerakan Jihad Islam, dan Ismail Haniyeh, kepala biro politik (Hamas),” kantor IRNA dalam laporannya tanpa memberikan penjelasan lebih mendetail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement