Selasa 17 Oct 2023 14:03 WIB

Profesor Universitas Columbia Terancam Dipecat Karena Tulisannya Soal Israel-Palestina

Setelah tulisan opini tersebut diterbitkan, mulai beredar petisi pemecatan.

  Tentara Israel mengendarai pengangkut personel lapis baja (APC) di daerah sepanjang perbatasan dengan Gaza, Israel selatan, 15 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Tentara Israel mengendarai pengangkut personel lapis baja (APC) di daerah sepanjang perbatasan dengan Gaza, Israel selatan, 15 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Joseph Massad, seorang profesor politik Arab modern di Universitas Columbia di New York, terancam dipecat setelah menulis sebuah opini yang menguraikan dampak politik dan geopolitik dari perang Israel-Palestina yang sedang berlangsung.

Dalam artikel yang diterbitkan di The Electronic Intifada, Massad membahas bagaimana serangan terhadap Israel oleh kelompok bersenjata Palestina pada 7 Oktober telah membuat Israel lengah, memengaruhi masa depan politik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan juga memengaruhi upaya AS untuk menormalisasi hubungan diplomatik negara-negara Arab dengan Israel.

Baca Juga

“Ketika kabut perang perlahan-lahan menghilang, pertanyaan mengenai konsekuensi politik dari peristiwa 7 Oktober akan terus membebani pikiran. Bagaimana perang akan berdampak pada pemerintahan Netanyahu?” tulis Massad, yang juga kolumnis Middle East Eye.

Setelah tulisan opini tersebut diterbitkan, mulai beredar petisi yang menyerukan agar Universitas Columbia memecat Massad. Petisi tersebut dimulai oleh Maya Platek, seorang mahasiswa Kolombia yang sebelumnya bekerja untuk militer Israel sebagai penulis konten, menurut profil LinkedIn-nya.

Petisi tersebut tidak membahas pokok-pokok yang dikemukakan dalam pasal tersebut. Sebaliknya, petisi tersebut menuduh Massad "memaafkan dan mendukung terorisme". Ia juga dituding menolak untuk mengutuk Hamas, yang telah ditetapkan AS sebagai sebuah kelompok teroris dan salah satu dari beberapa kelompok yang melancarkan serangan terhadap Israel.

Isi petisi tersebut menyerukan agar Massad dicopot dari posisinya di universitas. “Terlebih lagi, banyak mahasiswa yang menyatakan bahwa mereka merasa tidak aman berada di hadapan seorang profesor yang mendukung pembunuhan mengerikan terhadap warga sipil,” tulis petisi tersebut.

Segera setelah petisi diluncurkan, sebuah surat terbuka ditulis dan dirilis pada Senin (16/10/2023) yang isinya mengecam permintaan untuk memecat Massad karena dianggap "menghasut dan memfitnah". Surat tersebut, yang dilihat oleh Middle East Eye, menyatakan bahwa penafsiran yang salah terhadap artikel Massad memicu serangan terhadap kebebasan akademis dan keamanan pribadinya.

Surat terbuka tersebut ditandatangani oleh 414 orang pada saat penulisan, termasuk 268 dosen, mahasiswa, alumni, dan afiliasi departemen Studi Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika di Universitas Columbia. Petisi ini merupakan bagian dari perpecahan yang semakin besar di kampus-kampus AS sejak perang Israel-Palestina pecah pada 7 Oktober.

Di universitas-universitas AS, termasuk sekolah-sekolah Ivy League, mahasiswa dan profesor diserang karena mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Israel bertanggung jawab atas perang yang sedang berlangsung, dengan alasan pendudukan yang sedang berlangsung di wilayah Palestina dan blokade Israel di Gaza selama 16 tahun. Blokade adalah tindakan perang, menurut para ahli hukum dan peperangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement