Selasa 17 Oct 2023 17:00 WIB

Wabah Kutu Busuk di Paris Mulai Menyebar ke Inggris

Kutu busuk ini mulai menyebar di Luton, London dan Manchester.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Wabah kutu busuk yang menyerang Prancis mulai menyebar ke Inggris.
Foto: AP
Wabah kutu busuk yang menyerang Prancis mulai menyebar ke Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Laporan mengenai kutu busuk yang mewabah di Paris dan beberapa wilayah Prancis, ternyata juga memunculkan kekhawatiran bagi warga Inggris. Karena ternyata makhluk penghisap darah ini telah mencapai Inggris dan ikut mewabah di beberapa kota mulai Manchester hingga London.

Kini wabah kutu busuk menyebar ke Wiltshire dan Somerset, wilayah Barat Daya Inggris. Dilansir dari Daily Mail, Senin (16/10/2023), penduduk setempat yang kediamannya diserang serangga ini di Swindon, membuang kasur mereka yang penuh dengan kutu busuk.  

Baca Juga

Sementara seorang balita diperlihatkan banyak bekas gigitan kutu busuk di sebuah resort di Somerset, Butlin's Minehead - setelah kutu busuk ini mulai menyebar di Luton, London dan Manchester. Laporan-laporan tentang kutu busuk muncul dari berbagai wilayah baru di negara ini, di tengah kekhawatiran bahwa faktanya wabah makhluk penghisap darah ini telah mencapai Inggris.

Para penumpang dan pemilik rumah yang merasa jijik telah mengeluhkan penampakan yang dicurigai di London Underground, serta di Luton di Bedfordshire dan Manchester. Di antara mereka yang untuk sementara waktu memilih mengungsi dari rumah mereka di Swindon adalah Antonia Selby, pasangannya dan ketiga anak mereka, setelah si sulung, Odin, dua tahun, terkena bintik-bintik merah.

Upaya pembersihan di apartemen mereka menemukan banyak sekali serangga kutu busuk ini bersarang di bawah sofa mereka. "Dewan kota mengirim perusahaan pengendali hama yang menyemprot ruangan dan kami harus tetap berada di luar selama lima jam," ujar wanita berusia 28 tahun itu kepada The Sun.

"(Pembersihan) ini sudah dilakukan dua kali, tapi mereka (kutu busuk) kembali lagi setelah beberapa hari." 

"Beberapa tetangga mengalami serangan yang lebih parah dan bahkan membuang kasur mereka dengan tanda yang memperingatkan orang untuk tidak mengambilnya," ujar Selby.

Ia juga memperingatkan penduduk lain secara online akan bahaya penyebaran kutu busuk ini. "Saya secara pribadi mengenal seseorang di kota kecil Swindon yang rumah bersih dari kutu busuk. Tetapi akhirnya berubah menjadi rumah penuh dengan kutu busuk, ketika seseorang yang mereka kenal secara tidak sengaja membawa makhluk kecil itu ke rumah tersebut," katanya.

Seorang juru bicara Dewan kota Swindon Borough mengatakan kutu busuk terkenal sulit untuk diberantas dan dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan beberapa kali pembersihan dari pengontrol hama untuk membasmi masalah tersebut. Setiap pendatang akan diberitahu tentang tindakan apa yang dapat mereka lakukan untuk mengurangi risiko serangan dan penyebaran kutu busuk ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement