Senin 23 Oct 2023 07:05 WIB

Puluhan Orang Meninggal dalam Serangan Israel di Gaza Saat Konvoi Bantuan Baru Tiba

Hingga saat ini total 37 truk bantuan kemanusiaan telah tiba di Gaza.

Warga Palestina mencari korban selamat pasca bombardir Israel di Jalur Gaza di Deir Al-Balah, Ahad (22/10/2023). Israel terus melancarkan serangan udara ke wilayah Jalur Gaza yang mengakibatkan permukiman warga luluh lantak dan korban jiwa warga Palestina.
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Warga Palestina mencari korban selamat pasca bombardir Israel di Jalur Gaza di Deir Al-Balah, Ahad (22/10/2023). Israel terus melancarkan serangan udara ke wilayah Jalur Gaza yang mengakibatkan permukiman warga luluh lantak dan korban jiwa warga Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, RAFAH -- Sejumlah warga Palestina tewas di Gaza tengah pada hari Ahad (22/10/2023), setelah Israel meningkatkan serangannya di daerah kantong yang dilanda perang. Serangan Israel ini terjadi di saat konvoi bantuan kemanusiaan yang terdiri atas 17 truk tiba di Gaza.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan, sedikitnya 80 orang meninggal dalam serangan semalam di Gaza tengah. Serangan Israel ini juga menghancurkan lebih dari 30 rumah.

Baca Juga

Pemerintah Hamas mengatakan 165.000 unit rumah – setengah dari jumlah rumah di seluruh Jalur Gaza – hancur dalam penggerebekan tersebut.

Di kamar mayat rumah sakit, seorang jurnalis AFP melihat banyak mayat anak-anak tergeletak di lantai yang berlumuran darah, dan keluarga-keluarga yang kebingungan menangis ketika mereka mengidentifikasi para korban. Di antara mereka ada seorang pria yang sedang menggendong balitanya yang sudah meninggal dan seorang anak laki-laki yang menarik selimut untuk menutupi tubuh adik perempuannya.

"Sepupu saya sedang tidur di rumahnya dengan putrinya di gendongannya. Dia adalah seorang pria yang tidak memiliki catatan, tidak ada hubungannya dengan perlawanan," kata Wael Wafi sambil menyerang tubuh sepupunya dengan gas, lengannya masih melingkari ketiganya. -putrinya yang berusia satu tahun, Misk.

Pada hari Ahad (22/10/2023), badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan bahwa 29 stafnya telah terbunuh sejak dimulainya perang dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X, yang mengatakan setengah dari mereka adalah guru. Pada hari Sabtu UNRWA menyebutkan jumlah korban sebanyak 17 orang.

Skala pemboman telah menyebabkan sistem dasar tidak dapat berfungsi. PBB mengatakan puluhan jenazah tak dikenal telah dikuburkan di kuburan massal di Kota Gaza karena tempat penyimpanan pendingin telah penuh.

Sementara itu, seorang tentara Israel tewas di dekat perbatasan Gaza oleh rudal anti-tank yang ditembakkan oleh militan di dalam wilayah kantong tersebut, kata militer.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memperingatkan perang dengan Hamas bisa memakan waktu berbulan-bulan. “Ini akan memakan waktu satu bulan, dua bulan, tiga bulan, dan pada akhirnya tidak akan ada lagi Hamas,” kata Gallant.

Konvoi kedua yang terdiri dari 17 truk bantuan memasuki Gaza dari Mesir pada hari Ahad setelah pengiriman awal 20 truk pada hari Sabtu setelah negosiasi intensif dan tekanan AS.

Secara terpisah, seorang jurnalis AFP melihat enam truk meninggalkan Rafah setelah mengisi bahan bakar dari persediaan bahan bakar yang menipis di persimpangan tersebut ketika daerah kantong tersebut menghadapi bencana kekurangan pasokan setelah Israel memutus pasokan makanan, air, bahan bakar dan listrik.

Mereka kemudian melanjutkan pasokan air ke selatan pada tanggal 15 Oktober. Meskipun media Mesir mengatakan 40 truk lagi akan memasuki Gaza pada hari Senin, PBB mengatakan daerah kantong tersebut membutuhkan 100 truk per hari untuk memenuhi kebutuhan 2,4 juta penduduk Gaza.

Dan sejauh ini, belum ada pengiriman bahan bakar. Kepala UNRWA Philippe Lazzarini pada hari Ahad memperingatkan bahwa pasokan akan habis “dalam tiga hari”. 

“Tanpa bahan bakar, tidak akan ada air, tidak ada rumah sakit yang berfungsi dan… bantuan tidak akan menjangkau banyak warga sipil yang sangat membutuhkan,” katanya.

Dengan meningkatnya kekhawatiran bahwa konflik dapat menyebar, Israel pada hari Ahad mengakui secara tidak sengaja menyerang sebuah pos perbatasan Mesir, dan meminta maaf atas insiden yang menurut Kairo telah menyebabkan sejumlah penjaga perbatasan mengalami 'luka ringan'.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement