Senin 23 Oct 2023 10:32 WIB

Israel Evakuasi Warganya dari 43 Kota di Perbatasan Lebanon

Perintah evakuasi warga Israel dari perbatasan Lebaon diumumkan sejak 16 Oktober lalu

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah bangunan rusak di desa Dhayra, Lebanon selatan dekat perbatasan Lebanon-Israel, Lebanon, (11/10/2023).
Foto: EPA-EFE/WAEL HAMZEH
Sebuah bangunan rusak di desa Dhayra, Lebanon selatan dekat perbatasan Lebanon-Israel, Lebanon, (11/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Pemerintah Israel memutuskan mengevakuasi lagi warganya dari 14 kota di dekat perbatasan Lebanon, Ahad (22/10/2023). Langkah itu diambil menyusul meningkatnya konfrontasi Israel dengan kelompok Hizbullah. Dalam kurun sepekan, Israel telah mengevakuasi 43 kota di dekat perbatasan Lebanon.

Dalam pernyataan bersama pada Ahad lalu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Israel dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengungkapkan, rencana perluasan evakuasi telah disetujui Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant. “Keputusan (evakuasi) tersebut akan dilaksanakan oleh walikota setempat, Kementerian Dalam Negeri, dan Otoritas Manajemen Darurat Nasional yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan,” kata Kemenhan Israel dan IDF.

Baca Juga

Pada 16 Oktober 2023, Israel mengumumkan evakuasi warga dari 28 kota di dekat perbatasan Lebanon. Setelah itu, Israel juga memutuskan mengevakuasi warganya yang berada di kota Kiryat Shmona. Dengan demikian, jumlah kota yang dievakuasi menjadi 29.

Pada Sabtu (21/10/2023) pekan lalu, Yoav Gallant mengatakan, kelompok Hizbullah akan menerima konsekuensi besar karena memutuskan ikut dalam pertempuran ketika Israel sedang memerangi Hamas di Jalur Gaza. “Hizbullah memutuskan untuk mengambil bagian dalam pertempuran dan harus membayar mahal,” ujar Gallant kepada Radio Tentara Israel.

Dia menambahkan, saat ini Israel mempersiapkan segala kemungkinan dengan waspada karena ada tantangan lebih besar ke depan. “Tantangannya akan lebih besar, dan Anda perlu memperhitungkannya. Kita harus siap menghadapi situasi apa pun,” kata Gallant ketika mengunjungi pasukan Israel yang ditempatkan di perbatasan Lebanon.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu turut melayangkan ancaman serupa kepada Hizbullah. “Jika Hizbullah memutuskan untuk ikut berperang, maka mereka akan melewatkan Perang Lebanon Kedua. Mereka akan membuat kesalahan dalam hidup mereka,” kata Netanyahu ketika mengunjungi pasukan Israel di perbatasan Lebanon pada Ahad lalu.

“Kami akan melumpuhkan mereka dengan kekuatan yang bahkan tidak dapat mereka bayangkan, dan konsekuensinya bagi mereka dan negara Lebanon sangat menghancurkan,” tambah Netanyahu.

Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, termasuk Arab Saudi, telah meminta warganya untuk segera meninggalkan Lebanon. Kelompok Hizbullah telah melancarkan serangkaian serangan mortir dan roket ke Israel sejak dimulainya pertempuran di Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023 lalu.

Kontak senjata masih berlangsung di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel pada Ahad lalu. Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan bahwa tembakan senjata kecil terdengar di sepanjang perbatasan di dekat desa Aitaroun di Lebanon menuju kota Avivim di Israel utara, di mana barak militer utama berada. Israel juga menembaki daerah dekat kota Blida di tenggara Lebanon.

Hingga berita ini ditulis, Hizbullah telah melaporkan kematian 24 anggotanya akibat terlibat konfrontasi dengan Israel. Kendati demikian, Hizbullah telah berjanji meningkatkan serangan jika Israel memulai invasi darat ke Jalur Gaza. Israel pun telah menyatakan akan membalas secara agresif.

Israel dan Lebanon terakhir kali terlibat dalam konflik terbuka pada 2006. Kedua negara secara resmi tetap berperang, dengan penjaga perdamaian PBB berpatroli di perbatasan darat. Pada Mei 2000, tentara Israel mengumumkan penarikannya dari sebagian besar wilayah Lebanon selatan setelah dua dekade pendudukan.

Namun, Israel masih mempertahankan pendudukannya di wilayah kecil yang diklaim oleh Lebanon. Wilayah tersebut dikenal sebagai Perkebunan Shebaa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement