Jumat 27 Oct 2023 16:30 WIB

Pesawat Tempur Cina Cegat Bomber B-52 Milik AS di Laut Cina Selatan

Pesawat tempur Cina dan Bomber B-52 sampai hampir menyebabkan tabrakan

Sebuah pesawat tempur Cina mencegat sebuah bomber B-52 milik Angkatan Udara Amerika Serikat di atas Laut Cina Selatan
Foto: EPA-EFE/SOUTH KOREAS JOINT CHIEFS OF STAFF
Sebuah pesawat tempur Cina mencegat sebuah bomber B-52 milik Angkatan Udara Amerika Serikat di atas Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah pesawat tempur Cina mencegat sebuah bomber B-52 milik Angkatan Udara Amerika Serikat di atas Laut Cina Selatan pekan ini sampai hampir menyebabkan tabrakan, kata Komando Indo-Pasifik AS pada Kamis (26/10/2023). Bomber B-52 itu secara sah beroperasi rutin di dalam wilayah udara internasional, kata komando AS itu.

"Saat melakukan pencegatan pada malam hari, pilot Cina terbang membahayakan dan tidak profesional, dengan memamerkan keterampilan terbang yang buruk dengan mendekat dalam kecepatan berlebihan dan tidak terkendali," sambung komando AS itu.

Baca Juga

Menurut mereka, pesawat tempur Cina itu terbang dalam jarak 10 kaki (sekitar 3 meter) dari B-52 sehingga berpotensi menimbulkan tabrakan.

"Kami khawatir pilot ini tidak menyadari betapa dekatnya dia untuk menciptakan risiko tabrakan," kata komando AS itu lagi.

Pencegatan itu terjadi Selasa malam lalu, kata komando tersebut.  Sejak musim gugur 2021 sudah terjadi lebih dari 180 interaksi serupa.

"AS akan terus terbang, berlayar dan beroperasi dengan aman dan secara bertanggung jawab, di mana pun hukum internasional membolehkannya," pungkas Komando Indo-Pasifik tersebut.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement