Ahad 29 Oct 2023 08:54 WIB

Erdogan: Turki akan Beritahu Dunia Bahwa Israel Penjahat Perang

Israel telah secara terbuka melakukan kejahatan perang selama 22 hari

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Erdogan menyatakan bahwa Israel telah melakukan kejahatan perang.
Foto:

Mengingat suara Majelis Umum PBB yang mendukung resolusi yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, Erdogan menegaskan, Israel ditakdirkan untuk dibiarkan sendirian. Dalam pemungutan suara, sebanyak 120 suara perwakilan negara mendukung, 14 menolak, dan 45 abstain.

Majelis Umum PBB menyetujui resolusi yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan yang tahan lama dan berkelanjutan di Gaza pada Jumat (27/10/2023). Resolusi tersebut yang diajukan oleh hampir 50 negara, termasuk Indonesia, Turki, Palestina, Mesir, Yordania, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Diadopsi pada pertemuan Sesi Khusus Darurat ke-10 mengenai situasi di Wilayah Pendudukan Palestina, rancangan resolusi tersebut mengungkapkan keprihatinan besar terhadap eskalasi kekerasan terkini.

Meski mengutuk tindakan Israel, Erdogan pun menyatakan, Turki tidak memaafkan serangan yang menargetkan warga sipil di Israel. "Kami sedih atas setiap warga sipil dengan cara apa pun, tetapi Israel tidak peduli," ujarnya.

"Saya mengulangi seruan yang saya buat kepada pemerintah Israel dalam beberapa hari terakhir. Perhatikan seruan kami untuk memberikan bantuan kepada kaum tertindas dan membuka pintu dialog untuk membangun perdamaian. Datanglah hari ini dan ambil langkah positif, mungkin untuk pertama kalinya dalam hidup Anda, demi masa depanmu dan anak-anakmu," kata Erdogan.

Tidak seperti banyak sekutu NATO, Uni Eropa, dan beberapa negara Teluk, Turki tidak menganggap Hamas sebagai organisasi teroris. Kelompok ini telah lama menjadi tuan rumah bagi para anggota Hamas, mendukung solusi dua negara, dan menawarkan peran dalam merundingkan pembebasan sandera yang diculik oleh Hamas dalam serangan 7 Oktober.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement