Rabu 01 Nov 2023 22:15 WIB

Korea Utara Tutup Kedutaan Besarnya di Spanyol

Krisis ekonomi diduga menjadi alasan Korea Utara menutup kedutaan besarnya.

Korea Utara menutup sejumlah keduataan besarnya di negara-negara di tengah krisis ekonomi.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Korea Utara menutup sejumlah keduataan besarnya di negara-negara di tengah krisis ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Korea Utara menutup kedutaan besarnya di Madrid, Spanyol, di tengah krisis ekonomi yang menghantam negara tersebut akibat sanksi global, menurut laporan media Korea Selatan pada Rabu (1/11/2023). Langkah terbaru ini dilakukan setelah Pyongyang sebelumnya juga menutup kedutaan besarnya di Angola dan Uganda pada bulan lalu, menurut laporan Yonhap yang berbasis di Seoul.

Korea Utara tidak membeberkan alasan atas keputusannya tersebut. Namun, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengklaim bahwa penutupan kedutaan itu karena Korea Utara sedang mengalami kesulitan finansial.

Baca Juga

“Langkah-langkah yang diambil tampaknya menunjukkan bahwa Korea Utara tidak lagi dapat mempertahankan misi diplomatik karena upaya mereka untuk mendapatkan mata uang asing telah terhenti karena sanksi yang semakin ketat,” mengutip seorang pejabat Kementerian Unifikasi yang tak disebutkan namanya.

Korea Utara menjalin hubungan diplomatik dengan Spanyol pada 2001 dan membuka kedutaan besarnya pada 2013. Misi Korea Utara di Italia akan bertanggung jawab atas urusan yang berkaitan dengan Spanyol, menurut laporan itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement