Kamis 02 Nov 2023 11:18 WIB

Media Israel Serang Netanyahu

Sebagian besar orang Israel menyalahkan Netanyahu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah surat kabar Israel mengkritisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu karena telah gagal melindungi negara.
Foto: AP Photo/Abir Sultan
Sejumlah surat kabar Israel mengkritisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu karena telah gagal melindungi negara.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Sejumlah surat kabar Israel mengkritisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu karena telah gagal melindungi negara. Serangan mengejutkan kelompok perlawanan Palestina, Hamas pada 7 Oktober 2023 menjadi pukulan telak bagi intelijen Israel.

Netanyahu membangun reputasinya sebagai elang keamanan berkat pengabdiannya di unit pasukan khusus elite yang melakukan beberapa penyelamatan sandera Israel yang paling berani. Warisannya sebagai pemimpin terlama Israel kini tercoreng oleh infiltrasi Hamas yang di luar dugaan. Termasuk sekitar 200 warga Israel yang disandera Hamas di Gaza saat infiltrasi berlangsung.

Baca Juga

Dalam masa jabatannya yang keenam sebagai perdana menteri, Netanyahu memimpin salah satu koalisi sayap kanan paling ekstrem di Israel. Dia mendapat tekanan yang semakin besar karena serangan mengejutkan Hamas telah memicu kemarahan warga Israel. Netanyahu semakin tersudut ketika Hamas merilis video sandera yang berbicara tentang kegagalan pemimpin Israel. Dalam video itu, tiga orang sandera yang merupakan warga Israel menyalahkan Netanyahu atas kekacauan yang terjadi.

Dalam salah satu konferensi pers, Netanyahu menolak untuk bertanggung jawab atas kegagalannya melindungi Israel. Dia hanya mengatakan bahwa setiap orang harus menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit ketika perang dengan Hamas berakhir. Netanyahu juga menolak pertanyaan apakah dia akan mengundurkan diri.

Jajak pendapat menunjukkan, sebagian besar orang Israel menyalahkan Netanyahu.  Jajak pendapat surat kabar Maariv pada 18-19 Oktober menunjukkan mantan menteri pertahanan Benny Gantz lebih disukai sebagai perdana menteri oleh 48 persen responden. Sementara responden yang mendukung Netanyahu hanya 28 persen.

"Netanyahu akan mundur. Sama seperti pejabat tinggi militer, intelijen, dan GSS (badan intelijen). Karena mereka gagal," ujar surat kabar harian Israel Hayom dalam editorialnya minggu ini.

Popularitas Netanyahu telah ternoda oleh perselisihan sengit mengenai rencana untuk mengekang kekuasaan Mahkamah Agung, yang menyebabkan ratusan ribu warga Israel turun ke jalan selama berbulan-bulan. Untuk saat ini, konsekuensi politik telah tertunda karena jet-jet Israel melancarkan serangan udara di Gaza yang telah membunuh lebih dari 8.000 warga Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan.

Selain tekanan atas berbagai isu, seperti perluasan pemukiman Yahudi yang tiada henti di wilayah pendudukan Tepi Barat, terdapat kekhawatiran yang meningkat secara internasional mengenai besarnya korban jiwa selama pemboman di Gaza. Sementara itu, perekonomian Israel semakin terpukul karena sektor bisnis, mulai dari konstruksi hingga jasa makanan melaporkan penurunan pendapatan yang tajam.

Netanyahu, yang biasanya merupakan sosok yang tenang dan percaya diri, kini tampak semakin tidak menentu. Pada larut malam,. dia menulis unggahan di platform media sosial X  yang menyalahkan kepala intelijennya karena gagal memperingatkannya tentang serangan 7 Oktober 2023. Namun unggahan itu dihapus keesokan paginya dan Netanyahu mengeluarkan permintaan maaf. Namun kerusakan telah terjadi dan terdapat banyak kritik dari pers serta seluruh spektrum politik.

“Dia adalah orang yang tidak layak untuk menjabat sebagai perdana menteri,” ujar seorang editorial di Yedioth Ahronoth, surat kabar terlaris Israel, minggu ini.

Netanyahu seharusnya mundur atau dicopot....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement