Kamis 02 Nov 2023 13:06 WIB

Tolak Pembantaian Warga Gaza, Banyak Anak Muda Israel tak Mau Ikut Wajib Militer

Wajib militer di Israel berlangsung selama 32 bulan untuk pria berusia 18 tahun

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Militer Israel (Ilustrasi)/ Di Israel, para pemuda Yahudi menolak untuk bertugas di militer.
Foto: nytimes
Militer Israel (Ilustrasi)/ Di Israel, para pemuda Yahudi menolak untuk bertugas di militer.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Di Israel, ada sekelompok minoritas masyarakat yang terdiri dari pemuda Yahudi yang menolak untuk bertugas di militer, bahkan dengan risiko dipenjara. Mereka menentang  pendudukan tanah Palestina dan pengeboman warga sipil di Gaza. 

Wajib militer di Israel berlangsung selama 32 bulan untuk pria yang mencapai usia 18 tahun dan 24 bulan untuk wanita. Siapapun yang menolak untuk menjalani wajib militer dapat menghadapi hukuman penjara hingga 200 hari dan tekanan sosial.

Baca Juga

Namun demikian, ada pemuda Yahudi yang menolak untuk mendaftar sebagai tentara Israel dengan alasan bahwa tentara Israel menindas warga Palestina. Salah satunya adalah Tal Mitnick, 18 tahun.

Kepada Anadolu Agency, Mitnick mengatakan bahwa ia meyakini bahwa tentara Israel menindas warga Palestina di daerah Bat Yam, selatan Tel Aviv. Mitnick, yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas, dengan mengatakan bahwa dia menolak untuk bergabung dengan militer.

"Saya percaya bahwa tentara Israel adalah perpanjangan tangan eksklusivisme Yahudi di wilayah ini. (Tentara ini) bergantung pada penindasan rakyat Palestina, dan saya menolak untuk menjadi bagian dari penindasan ini. Sebaliknya, saya melanjutkan aktivisme hak asasi manusia," katanya.

Mitnick mengatakan bahwa meskipun mereka yang memiliki keyakinan yang sama dengan dirinya adalah minoritas di Israel, ia juga mengindikasikan bahwa situasi ini perlahan-lahan mulai berubah.

Pemuda Yahudi itu menggambarkan serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu sebagai aksi "menghebohkan". Di mana merekan menyatakan bahwa orang-orang telah mengubah kemarahan mereka atas serangan ini menjadi rasa balas dendam.

Di sisi lain, Mitnick mengatakan bahwa ia lebih memilih untuk mengubahnya menjadi perasaan "menginginkan lebih banyak keamanan bagi semua orang" daripada balas dendam. Mitnick menggambarkan hari pertama serangan Israel ke Gaza sebagai "perang defensif".

"Namun, kemudian berubah menjadi perang agresi terhadap warga sipil di Gaza. Saya tidak setuju dengan gagasan bahwa membunuh warga sipil di Gaza akan memberikan keamanan bagi siapa pun. Hal itu tidak memberikan keamanan bagi siapa pun, baik bagi warga Gaza maupun warga Israel. Saya percaya bahwa satu-satunya jalan menuju keamanan dan perdamaian adalah hidup berdampingan," katanya.

"Tinggal di tempat yang liberal seperti Tel Aviv, orang-orang memahami situasi saya, dan mereka menghormatinya. Salah satu sahabat saya saat ini sedang bertempur di Gaza sebagai pejuang. Kami berdua tahu bahwa kami menginginkan keamanan bagi semua orang, tetapi kami memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana keamanan itu dapat dicapai," tambahnya.  

'Upaya-upaya untuk melakukan Yahudisasi'

Ariel Davidov, 19 tahun, yang tinggal di lingkungan dekat Yerusalem Timur yang diduduki, juga mengatakan bahwa ia telah melakukan kontak dengan kelompok-kelompok yang mengadvokasi hak asasi manusia.

Davidov, yang menyaksikan pasukan Israel menggunakan kekerasan yang berlebihan terhadap warga Palestina di lingkungan Yerusalem Timur seperti Suheikh Jarrah, Silwan, dan Isawiya, mengatakan bahwa ia juga telah berpartisipasi dalam protes menentang upaya Yahudisasi kota tersebut.

Pemuda Israel tersebut menjelaskan alasannya menolak untuk bertugas di militer Israel karena "tidak ingin menjadi bagian dari amoralitas dan ketidakadilan".

Telah terjadi genosida yang terus berlangsung sejak awal Zionisme. Genosida ini tidak dimulai pada tahun 1948 (tahun berdirinya Israel) atau pada tahun 1967 (tahun pendudukan Yerusalem Timur, Tepi Barat, dan Gaza).

"Sebelum itu, ada kolonialisme pemukim. Mereka ingin menggunakan tanah ini (Palestina) dan orang-orangnya (Palestina) untuk kepentingan mereka sendiri. Namun, situasi ini tidak bisa terus berlanjut seperti ini," kata Davidov.

Davidov menyebutkan bahwa dia seharusnya hadir di pengadilan pada 16 Oktober karena dia menolak untuk menjalani wajib militer. Namun, pihak militer menghubunginya dan menyatakan bahwa ia dibebaskan karena "alasan psikologis."

"Banyak teman dekat saya yang menolak wajib militer. Kelompok yang saya ikuti dalam aktivisme hak asasi manusia telah menyerukan kepada semua orang untuk menolak menjadi tentara Israel. Ini adalah bagian utama dari perjuangan saya.

"Banyak teman saya yang menolak (wajib militer) berakhir di penjara. Sekarang ini, mereka biasanya mendapat hukuman penjara 150 hari, sedangkan sebelumnya 200 hari. Ada yang menjalani 60 hari, ada juga yang 50 hari. Saya pikir itu terserah hakim."

Baik warga Israel maupun Palestina telah memasuki "fase baru pendudukan dan genosida" sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, tambahnya.

"Serangan Hamas sangat mempengaruhi saya, tetapi saya tidak berpikir serangan ini datang begitu saja (tanpa alasan). Saya melihat pendudukan dan blokade Gaza sebagai alasan utamanya," kata Davidov.

Davidov menyebutkan bahwa banyak aktivis hak asasi manusia Israel menahan diri untuk tidak mengadvokasi warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki karena mereka takut pada militer, polisi, dan orang-orang yang digambarkan sebagai "fasis".

Dia mengatakan bahwa banyak temannya, yang mendokumentasikan video pemukim Yahudi yang menyerang warga Palestina untuk mengusir mereka dari tanah mereka di Tepi Barat yang diduduki, dipukuli oleh para pemukim bersenjata. 

'Saya tidak ingin bertugas di tentara yang rasis'

Seorang pemuda Yahudi lainnya yang menolak untuk menjadi tentara Israel, Ella Keidar, mengungkapkan keyakinannya bahwa setiap orang memiliki hak untuk hidup bebas dan sejahtera.

"Saya tidak ingin bertugas di tentara yang menegakkan pendudukan, menerapkan rezim rasis, dan berperan dalam menindas rakyat Palestina dalam proyek eksploitasi ini," kata Keidar.

Ia menyoroti keyakinannya bahwa satu-satunya solusi untuk konflik Israel-Palestina adalah solusi politik, bukan militer.

"Seperti halnya warga Israel, warga Palestina juga berhak mendapatkan kebebasan. Saya percaya pada kemungkinan masa depan yang setara, yang mencakup hak untuk kembali bagi warga Palestina (ke tanah tempat Israel mengusir mereka)," katanya.

Dia menyebutkan bahwa mereka umumnya menerima reaksi negatif dari komunitas mereka, tetapi percaya bahwa hal ini akan berubah di masa depan, meskipun mungkin tidak akan terjadi selama situasi perang saat ini.

Keidar juga menyebutkan bahwa warga Israel yang menolak wajib militer biasanya berakhir di penjara kecuali mereka memiliki "alasan medis yang sah."

"Saya memiliki seorang teman yang menjalani hukuman dua minggu di penjara dan yang lainnya menjalani hukuman total 180 hari secara terpisah. Setelah beberapa minggu di penjara, mereka membebaskan Anda, dan kemudian mereka bertanya, 'Apakah Anda ingin melakukan wajib militer sekarang? Jika Anda mengatakan tidak, mereka memasukkan Anda kembali ke penjara," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement