Jumat 10 Nov 2023 00:45 WIB

Moeldoko: Sikap Indonesia Jelas, Inginkan Gencata Senjata di Gaza

Sikap Indonesia soal Gaza akan disampaikan oleh Jokowi di KTT Luar Biasa OKI.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko .
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan sikap Indonesia terkait serangan Israel terhadap Palestina sangatlah jelas, yakni menginginkan adanya gencatan senjata. Menurut Moeldoko, hal itu akan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Arab Saudi pada Ahad (12/11/2023) dan juga saat bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat pada Senin (13/11/2023).

“Ya, salah satu sikap Indonesia itu, menginginkan adanya gencatan senjata,” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga

“Pastinya tidak bisa saya katakan, pasti akan disampaikan. Tetapi, sikap Presiden Jokowi sangat jelas dalam konteks itu,” lanjut dia.

Ia menyampaikan, secara substansi sikap Indonesia tersebut nantinya akan disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Namun, ia kembali menegaskan bahwa sikap Indonesia sangatlah jelas terkait situasi di Gaza.

“Sikap Indonesia sangat clear dalam konteks ini bagaimana melihat situasi yang terjadi di Gaza, di Palestina, sudah sangat clear dan itu sudah disampaikan bapak Presiden dan saya pikir itu juga akan bisa menjadi panduan bagi teman-teman di sekitaran OKI,” ungkapnya.

Moeldoko menyampaikan, dalam berbagai forum internasional seperti KTT G20, Presiden terus menegaskan agar bersama-sama menciptakan kondisi yang damai dan tak menyebabkan terjadinya konflik baru. Sehingga tercipta kesejahteraan bagi masyarakat dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement