Selasa 14 Nov 2023 10:52 WIB

Setelah Semangka, Kini Segitiga Merah Terbalik Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina

Segitiga merah terbalik pertama kali muncul di video Hamas saat hancurkan tank Israel

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Segitiga merah terbalik telah menjadi simbol baru perlawanan Palestina.
Foto: Aljazirah
Segitiga merah terbalik telah menjadi simbol baru perlawanan Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para aktivis membagikan emoji segitiga merah terbalik untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap warga Palestina di Gaza. Segitiga merah terbalik telah menjadi simbol baru perlawanan Palestina.

Dilansir Aljazirah, simbol segitiga merah terbalik pertama kali muncul di video Hamas untuk menunjukkan target serangan seperti tank Israel. Simbol ini muncul setelah Israel melancarkan invasi darat ke Gaza bulan lalu.

Baca Juga

Namun, segitiga merah sebenarnya sudah ada dalam desain bendera Palestina. Simbol ini telah digunakan oleh aktivis dan pengunjuk rasa di seluruh dunia pada demonstrasi pro-Palestina dan dukungan secara online.

"Ternyata segitiga merah itu ada di sana (bendera Palestina) selama ini," ujar seorang warganet, A. van Worden dalam platform media sosial, X.

Beberapa pengguna media sosial juga berbagi grafik yang menunjukkan perbandingan segitiga merah terbalik dengan simbol Palestina lainnya. Namun militer Israel mencomot simbol segitiga merah terbalik itu, dan menggunakannya dalam video mereka.

Juru bicara Divisi Media Arab Militer Israel membagikan video yang menggunakan segitiga merah untuk menunjukkan target Palestina. Pesan di akhir video tertulis, "segitiga kami lebih kuat dari segitiga Anda, Abu Ubaidah", merujuk kepada juru bicara sayap militer Hamas.

Jiplakan militer Israel terhadap simbol segitiga merah terbalik ini memicu kritik dari pengguna media sosial pro-Palestina. Mereka menyoroti bahwa Israel tidak hanya mencuri tanah Palestina, namun juga simbol perjuangan mereka.

"Mereka malah mencuri segitiga merah," ujar seorang warganet, Remah di platform media sosial, X.

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) sekarang mencoba menyalin video segitiga merah Hamas tetapi gagal total karena tidak ada kehormatan dalam menargetkan bangsal kanker anak-anak," ujar akun @ME_1948_Updates di X.

Sebelum simbol segitiga merah terbalik ini muncul, para pendukung Palestina menggunakan kompak mengunggah gambar semangka di media sosial mereka. Semangka digunakan sebagai simbol perlawanan Palestina ketika mereka dilarang untuk mengibarkan bendera mereka. Semangka dianggap sebagai representasi warna bendera Palestina yaitu hijau, hitam, putih, dan merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement