Senin 20 Nov 2023 12:41 WIB

Terowongan di Bawah RS Al Shifa Ternyata Dibangun oleh Israel Sendiri, Ini Sejarahnya

Terowongan di bawah RS Al-Shifa dirancang oleh sebuah perusahaan Israel

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani
An injured Palestinian woman is wheeled into the al-Shifa hospital, following Israeli airstrikes on Gaza City, central Gaza Strip, Sunday, Nov. 5, 2023.
Foto:

Kisah terowongan Rumah Sakit Al Shifa dan tuduhan di sekitarnya dimulai setidaknya pada tahun 2009. Tahun itu, New York Times melaporkan bahwa Kepala intelijen Israel, Yuval Diskin, mengatakan kepada Kabinet Israel bahwa pimpinan Hamas yang ditempatkan di Gaza berada di bawah tanah di bawah Gedung No. 2 Rumah Sakit Al-Shifa, yang terbesar di Gaza. New York Times pun melaporkan klaim ini tidak dapat dikonfirmasi.

Juga pada tahun 2009, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa pejabat senior Hamas di Gaza bersembunyi di sebuah bunker yang dibangun oleh Israel, menurut dugaan pejabat intelijen. Pada tahun 2021, Israel mengklaim telah menghancurkan infrastruktur bawah tanah di kawasan tersebut.

Dalam perang saat ini, setelah Israel menjadikan Rumah Sakit Al-Shifa sebagai musuhnya, dan target utamanya selama lebih dari sebulan perang, Israel berharap dunia percaya bahwa Hamas akan mempertahankan pusat komando utamanya di terowongan di bawah Rumah Sakit Al Shifa yang sebetulnya dibangun oleh Israel sendiri. Bahkan, dalam laporan media Israel dan Amerika pada tahun 2021, Israel dinyatakan telah menghancurkan sebagian besar terowongan bawah tanah itu.

Dengan demikian, klaim bahwa Israel telah menemukan terowongan di bawah Rumah Sakit Al Shifa lebih cenderung merupakan kebohongan ataupun propaganda Israel untuk menyudutkan sekaligus menghancurkan Hamas.

"Namun, mengingat kecenderungan Israel untuk berbohong, penjajah Israel mungkin 'menemukan' fasilitas bawah tanah yang mereka bangun sendiri, dan akan melakukannya. berupaya untuk menyajikannya kepada dunia sebagai bukti keabsahan tuduhannya," kata Ali Abu Nimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement