Selasa 21 Nov 2023 15:02 WIB

Israel Akui Membunuh Rakyatnya Sendiri di Festival Musik 7 Oktober 2023

Israel berbohong dan menggunakan serangan 7 Oktober untuk mengebom tanpa henti

Rep: Amri Amrullah / Red: Esthi Maharani
Helikopter serang jenis Apache militer israel melepaskan tembakan saat melakukan serangan di kota Jenin, Tepi Barat, Senin (19/6/2023).
Foto:

Penyelidikan atas insiden festival Nova telah meninggalkan ketidakpastian tentang rincian korban yang tepat antara yang disebabkan oleh Hamas dan yang disebabkan oleh tentara Israel sendiri. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang penolakan pasukan Israel untuk bernegosiasi dalam pembebasan tawanan, yang menambah kerumitan tentang pihak mana yang bertanggung jawab atas kematian pada tanggal 7 Oktober.

Awalnya, Israel mengklaim bahwa Hamas membunuh 1.400 warga Israel selama serangan 7 Oktober, kemudian merevisi jumlah tersebut menjadi 1.200 orang. Juru bicara Israel, Mark Regev, mengakui adanya kesalahan, dengan menyatakan bahwa 200 korban yang diduga adalah pejuang Hamas atau warga Palestina yang pada awalnya diasumsikan sebagai warga Israel karena luka bakar yang parah.

Dalam sebuah wawancara dengan MSNBC baru-baru ini, Regev mengatakan, "Kami membuat kesalahan. Sebenarnya ada mayat-mayat yang terbakar sangat parah sehingga kami mengira itu adalah mayat kami, namun pada akhirnya ternyata mereka adalah Hamas."

Rezim Israel telah menggunakan serangan 7 Oktober oleh Hamas sebagai alasan untuk melanjutkan pemboman tanpa henti di daerah kantong Gaza, yang sejauh ini telah merenggut nyawa setidaknya 13.300 warga Palestina, termasuk 5000an anak-anak.

Sebanyak 26 dari 35 rumah sakit di Gaza tidak lagi beroperasi karena kerusakan akibat serangan udara Israel atau kekurangan bahan bakar. Rumah sakit yang tersisa "beroperasi dengan kapasitas melebihi maksimum", Wafa melaporkan. 

Menteri Kesehatan Palestina Mai Alkaila mengatakan bahwa Israel "melakukan genosida terhadap seluruh sistem perawatan kesehatan di Jalur Gaza, termasuk rumah sakit, dokter, dan pasien."

"Di manakah sikap para dokter dan tenaga kesehatan profesional di seluruh dunia terhadap kekejaman yang dilakukan terhadap rekan-rekan mereka di sektor kesehatan Palestina di Gaza dan Tepi Barat? Mereka dulunya adalah rekan-rekan Anda di Amerika Serikat, Eropa, Rusia, dan negara-negara Arab," ujar Alkaila dalam sebuah konferensi pers di Ramallah.

Pada hari Sabtu (18/11/2023), tentara Israel memberikan waktu satu jam kepada ratusan pasien di rumah sakit Al Shifa untuk mengungsi. Sumber-sumber medis mengatakan kepada Wafa bahwa 150 pasien yang sakit kritis, lebih dari 30 bayi prematur, dan lima dokter masih berada di rumah sakit karena ketidakmampuan mereka untuk bergerak.

Empat dari 39 bayi yang berada di dalam inkubator meninggal pekan lalu setelah rumah sakit kehabisan oksigen dan listrik akibat pengepungan Israel di Gaza. Beruntung 20 bayi prematur yang masih selamat akhirnya berhasil dikeluarkan dari jalur Gaza dan kini sebagian mendapat perawatan di wilayah Mesir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement