Sabtu 02 Dec 2023 06:32 WIB

Gencatan Senjata Berakhir, PBB: Neraka Kembali Menghantui Anak-Anak Gaza

PBB menyebut rencana Israel memperluas serangan militer sangat mengganggu.

Asap membubung menyusul serangan Israel ke Jalur Gaza, Jumat, 1 Desember 2023.
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
Asap membubung menyusul serangan Israel ke Jalur Gaza, Jumat, 1 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Badan-badan PBB menyesalkan berakhirnya gencatan senjata dan dimulainya kembali perang Hamas-Israel. Mereka menyuarakan keprihatinan atas keselamatan anak-anak dan pengiriman bantuan, serta memperingatkan bencana 'besarnya yang tak tertandingi' bagi anak-anak Gaza.

PBB juga mengatakan pada Jumat (1/12/2023), mereka terganggu oleh indikasi Israel memperluas serangan militernya di dalam wilayah Palestina. Pertempuran dilanjutkan di Gaza segera setelah berakhirnya gencatan senjata selama sepekan. 

Baca Juga

"Saya sangat menyesal operasi militer telah dimulai lagi di Gaza," kata Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres di X, dilansir dari TRT World, Sabtu (2/12/2023).

"Saya masih berharap itu akan mungkin untuk memperbarui jeda yang telah ditetapkan. Kembalinya permusuhan hanya menunjukkan betapa pentingnya memiliki gencatan senjata kemanusiaan yang sebenarnya,” kata dia.

Gencatan senjata selama sepekan menghentikan pertempuran yang dimulai pada 7 Oktober ketika Hamas menerobos perbatasan militer Gaza ke Israel. 

Israel bersumpah melenyapkan Hamas dan melancarkan serangan dari segala penjuru yang menurut otoritas Palestina telah menewaskan lebih dari 15 ribu orang, sebagian besar warga sipil.

Selama gencatan senjata, Hamas membebaskan 80 sandera Israel dengan imbalan 240 tahanan Palestina, dan lebih banyak bantuan memasuki Gaza, di mana sekitar 80 persen populasi mengungsi dan kekurangan makanan dan air.

Kepala hak asasi manusia PBB, Volker Turk, mendesak semua pihak dan negara yang berpengaruh untuk mencoba dan membawa gencatan senjata atas dasar kemanusiaan dan hak asasi manusia.

"Komentar terbaru oleh para pemimpin politik dan militer Israel yang menunjukkan bahwa mereka berencana memperluas dan mengintensifkan serangan militer sangat mengganggu. Situasianya berada di luar titik kritis," ungkap Turk.

Turk menyerukan diakhirinya kekerasan, pembebasan yang cepat dan tanpa syarat dari semua sandera yang tersisa. Ia juga meminta penghentian penembakan roket sembarangan dan penggunaan senjata peledak dengan efek area luas di daerah berpenduduk.

Badan kemanusiaan PBB OCHA mengatakan, bahwa meskipun kembalinya permusuhan, Perserikatan Bangsa-Bangsa akan terus mengirimkan makanan, air, medis, dan pasokan lainnya ke Gaza dalam upaya untuk menyelamatkan nyawa.

Setelah sepekan istirahat, "neraka di Bumi telah kembali ke Gaza", juru bicara OCHA Jens Laerke mengatakan pada pengarahan di Jenewa.

Dia mengatakan selama gencatan senjata, konvoi bantuan, bahan bakar, dan gas memasak yang secara signifikan lebih besar telah dapat memasuki kantong, termasuk ribuan metrik ton bantuan yang dikirim ke utara.

"Dengan dimulainya kembali perang, kami takut bahwa kelanjutan ini sekarang diragukan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement