Selasa 05 Dec 2023 13:56 WIB

Israel Serang Pos Peluncuran Hizbullah di Lebanon

Israel meluncurkan serangan udara yang membidik infrastruktur Hizbullah di Lebanon

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Israel menyerang Hizbullah di Lebanon selatan pada Selasa (17/10/2023) pagi, menurut militer Israel.
Foto: AP
Israel menyerang Hizbullah di Lebanon selatan pada Selasa (17/10/2023) pagi, menurut militer Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Israel meluncurkan serangan udara yang membidik infrastruktur Hizbullah di Lebanon. Pos peluncuran Hizbullah menjadi salah satu fasilitas yang terhantam serangan Israel.

“Sebagai tanggapan terhadap peluncuran hari Senin dari Lebanon ke Israel, beberapa waktu yang lalu jet tempur Angkatan Udara Israel menyerang pos peluncuran Hizbullah, infrastruktur teror, dan kompleks militer,” kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan, Selasa (5/12/2023), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

“Selain itu, sebagai respons terhadap peluncuran dari Lebanon ke wilayah Zar'it di Israel utara, (tentara Israel) menyerang sumber tembakan. Selain itu, untuk menghilangkan ancaman, (tentara Israel) menyerang beberapa lokasi lain di wilayah Lebanon,” kata IDF dalam pernyataannya.

Sehari sebelumnya, militer Israel mengatakan bahwa sebagai respons terhadap peluncuran mortir terhadap pos militer Israel di kawasan Arab al-Aramshe, mereka menyerang fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah di wilayah Lebanon.

“Sejumlah peluncuran ke arah Tel Hai, Kiryat Shemona, dan pos IDF di wilayah Shtula telah teridentifikasi. Sebagai tanggapan, (tentara Israel) menyerang sumber tembakan di Lebanon. Selain itu, artileri (tentara Israel) menembaki sejumlah lokasi di dalam wilayah Lebanon,” kata IDF.

Selain bertempur dengan Hamas dan kelompok perlawanan Palestina lainnya di Jalur Gaza, Israel turut terlibat konfrontasi dengan kelompok Hizbullah di Lebanon. Sejak pecahnya perang di Gaza pada 7 Oktober 2023 lalu, Hizbullah secara berkala melancarkan serangan udara ke wilayah Israel. Hizbullah menyatakan dukungannya terhadap perlawanan yang dilakukan Hamas.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan, Hizbullah terhitung sudah menembakkan 1.000 amunisi ke negaranya. “Sejak awal perang, Hizbullah telah menembakkan lebih dari 1.000 amunisi ke sasaran Israel, tapi (Hizbullah) menderita kerugian yang jauh lebih signifikan,” ujar pada 20 November 2023.

Pada Oktober lalu, Pemerintah Israel memutuskan mengevakuasi lagi warganya dari 14 kota di dekat perbatasan Lebanon. Langkah itu diambil menyusul meningkatnya konfrontasi dengan kelompok Hizbullah. Israel telah mengevakuasi 43 kota di dekat perbatasan Lebanon.

Israel dan Lebanon terakhir kali terlibat dalam konflik terbuka pada 2006. Kedua negara secara resmi tetap berperang, dengan penjaga perdamaian PBB berpatroli di perbatasan darat. Pada Mei 2000, tentara Israel mengumumkan penarikannya dari sebagian besar wilayah Lebanon selatan setelah dua dekade pendudukan. Namun, Israel masih mempertahankan pendudukannya di wilayah kecil yang diklaim oleh Lebanon. Wilayah tersebut dikenal sebagai Perkebunan Shebaa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement