Rabu 06 Dec 2023 16:33 WIB

Penembakan Massal di AS Tertinggi dalam Satu Tahun Sejak 2006

Akhir pekan kemarin AS diguncang dua penembakan massal.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Penembakan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penembakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam waktu kurang dari 90 menit pada Ahad (3/12/2023) sore, dua panggilan 911 melaporkan penembakan massal di Texas dan Washington, yang mendorong negara tersebut mencapai tonggak sejarah yang mengerikan. Penembakan tersebut merupakan penembakan ke-37 dan ke-38 tahun ini yang menewaskan empat korban atau lebih, dan merupakan jumlah pembunuhan massal tertinggi dalam satu tahun sejak 2006.

Di Dallas, seorang pria berusia 21 tahun yang seharusnya mengenakan monitor pergelangan kaki karena tuduhan penyerangan sebelumnya masuk ke sebuah rumah dan menembak lima orang. Insiden ini menewaskan seorang balita dan tiga orang dewasa. Pelaku kemudian melarikan diri dengan mobil curian, dan menembak dirinya sendiri saat petugas patroli jalan raya mengejarnya. 

Baca Juga

Sementara di pinggiran Kota Vancouver, Washington, lima anggota keluarga meninggal dalam kejadian pembunuhan. Kematian terbaru menjadikan total kematian pada 2023 menjadi 197. Sembilan puluh satu orang terluka dalam peristiwa tersebut tetapi selamat.

Pembunuhan massal terbaru ini terjadi bukan di tempat umum melainkan di rumah-rumah pribadi. The Washington Post menyebut penembakan yang menewaskan empat orang, tidak termasuk pelaku penembakan, sebagai pembunuhan massal dengan senjata. Karena istilah penembakan massal tidak memiliki definisi universal.  Basis data yang digunakan The Post dikumpulkan oleh Associated Press, USA Today, dan Northeastern University dan dibuat pada 2006.

The Post melacak penembakan yang menewaskan empat orang atau lebih. Termasuk menjelajahi database lengkap orang hilang, pelaku penembakan, dan keadaan seputar penembakan massal.

Organisasi lain seperti Gun Violence Archive, mendefinisikan penembakan massal secara lebih luas sehingga melaporkan jumlah yang jauh lebih besar, yang mencakup peristiwa di mana banyak orang tertembak, terlepas dari apakah ada yang meninggal. Pembunuhan massal dengan senjata api meningkat pada  2019, tapi menurun pada tahun pertama pandemi virus korona. Ketika kehidupan sehari-hari berangsur-angsur kembali normal, frekuensi penembakan paling mematikan mulai meningkat.

"Catatan ini merupakan sebuah tonggak sejarah yang tragis dan memalukan yang seharusnya menjadi peringatan bagi anggota parlemen yang menentang peraturan senjata api," kata Thomas Abt, direktur pendiri Pusat Studi dan Praktik Pengurangan Kekerasan dan  profesor peneliti asosiasi di Universitas Maryland. 

“Meningkatnya penembakan massal didorong oleh banyak faktor, namun semakin mudahnya akses terhadap senjata api adalah penyebab utamanya," ujar Abt, dilaporkan The Washington Post.

Seorang profesor kriminologi, hukum dan kebijakan publik di Northeastern, James Alan Fox mengatakan, pembunuhan massal bukanlah sebuah epidemi, namun hanya puncak dari gunung es kekerasan senjata. Fox telah mengelola database pembunuhan massal dan telah mempelajari kekerasan semacam itu selama lebih dari 40 tahun.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 48.000 orang meninggal karena luka tembak pada 2022, yang rata-rata menyebabkan sekitar 132 kematian per hari. Lebih dari separuhnya adalah bunuh diri.

“Terlalu banyak orang yang terbunuh oleh tangan mereka sendiri atau oleh tangan orang lain. Dan penembakan massal adalah yang paling terlihat," ujar Fox.

Pada Januari 2023, tercatat tujuh pembunuhan massal dengan senjata api. Ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan bulan manapun yang tercatat dalam database.

Penembakan massal pertama terjadi tepat setelah tahun baru di Henokh, Utah. Pada 4 Januari, polisi menemukan mayat seorang agen asuransi berusia 42 tahun, istrinya yang terasing, kelima anak mereka, berusia 4 tahun hingga 17 tahun, dan ibu istrinya atau mertuanya. Semua korban tertembak di kepala. Polisi mengatakan, catatan bunuh diri di samping tubuh pria tersebut menyalahkan istrinya atas masalah keluarga.

Tahun ini, dan setiap tahun sejak 2006, jumlah pembunuhan massal terbesar terjadi di rumah-rumah atau tempat penampungan pribadi dengan jumlah setidaknya 26 dari 38 pembunuhan massal. Sebanyak 19 kasus pembunuhan massal dengan senjata api dilakukan oleh orang-orang yang membunuh anggota keluarga mereka sendiri, termasuk pasangan dan anak-anak mereka saat ini atau mantan pasangannya. Setidaknya tiga penembakan lainnya, seperti yang terjadi di Dallas, melibatkan pembunuhan tetangga.

Penembakan paling mematikan pada 2023 terjadi pada 25 Oktober di Lewiston, Maine, ketika seorang tentara cadangan Angkatan Darat yang baru-baru ini mengalami masalah kejiwaan melepaskan tembakan di arena bowling dan sebuah bar yang menjadi tuan rumah turnamen mingguan, cornhole.

Pelaku membunuh 18 orang dan melukai 13 orang lainnya. Setelah perburuan selama dua hari, polisi menemukan mayat pelaku di sebuah trailer.  Pria tersebut rupanya meninggal karena luka tembak yang dilakukannya sendiri.

Jumlah tersebut melampaui jumlah korban tewas pada 21 Januari, ketika seorang penari ballroom berusia 72 tahun menembak mati 11 orang dengan senapan semi-otomatis selama perayaan Tahun Baru Imlek di sebuah sanggar tari yang sering ia kunjungi di Monterey Park, Kalifornia.  Pelaku kemudian bunuh diri.

Sepuluh dari 38 penembakan terjadi di tempat-tempat umum, termasuk di sebuah mal di Texas, sebuah bank di Kentucky, sebuah peternakan jamur di Kalifornia, dan sebuah pesta ulang tahun di Alabama. Salah satunya terjadi di sebuah sekolah dasar di Nashville, ketika pada 27 Maret, seorang mantan siswa membunuh tiga anak berusia 9 tahun dan tiga orang dewasa.

Hanya tiga penembakan yang diketahui atau dianggap terkait dengan perampokan, konflik geng, atau kejahatan terkait narkoba. Sebaliknya, sebagian besar pelaku menyerang orang asing atau orang yang mereka kenal, dan mereka tetap melakukan hal tersebut meskipun mengetahui bahwa akibatnya mungkin adalah kematian atau hukuman penjara seumur hidup.

"Mereka tidak punya harapan untuk masa depan," ujar Ketua Departemen Kriminologi dan Peradilan Pidana di Universitas Alabama, Adam Lankford.

Di luar banyaknya penembakan massal, Lankford mendapati rekor tahun ini sangat meresahkan.  “Masyarakat Amerika menjadi lebih baik dalam memahami tanda-tanda peringatan penembakan massal dan strategi penilaian ancaman,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement