Jumat 08 Dec 2023 12:26 WIB

Erdogan Ingin Berdamai dan Jalin Hubungan Baru dengan Yunani

Erdogan berharap dapat melipatgandakan perdagangan bilateral Turki dan Yunani.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Aliansi Perjanjian Atlantik Utara (NATO)
Foto: AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Aliansi Perjanjian Atlantik Utara (NATO)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip ingin memulai kembali hubungan dengan Yunani setelah bertahun-tahun mengalami ketegangan, sementara Ankara menghadapi ketegangan dengan Israel, dampak dari perang di Gaza. 

"Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan di antara kita," kata Erdogan kepada para wartawan ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Athena pada Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Erdogan menambahkan, ia ingin mengubah Laut Aegea menjadi lautan perdamaian dan kerja sama. Erdogan telah mengatur nada untuk perjalanan ini dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Kathimerini Yunani pada Rabu (6/12/2023), di mana dia memanggil pemimpin Yunani sebagai "Teman saya Kyriakos". 

Mitsotakis mengakui dalam sebuah pernyataan bersama bahwa hubungan telah "terancam bahaya" di masa lalu, tetapi sekarang berada di "jalur yang lebih tenang". "Saya merasa berutang budi untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk membawa kedua negara berdampingan, seperti halnya perbatasan kita," kata Mitsotakis.

Untuk saat ini, keduanya telah mengesampingkan isu-isu yang paling pelik di antara mereka untuk fokus pada "diplomasi tingkat rendah". Terutama langkah-langkah membangun kepercayaan di mana mereka dapat mencapai hasil yang segera dan nyata serta mempromosikan agenda yang positif.

Selama pertemuan selama hampir lima jam di Athena, para pejabat Turki dan Yunani menandatangani sejumlah kesepakatan di bidang ekonomi, pariwisata, pertanian, dan migrasi. Erdogan juga mengatakan bahwa ia berharap mereka dapat melipatgandakan perdagangan bilateral menjadi 10 miliar dolar AS, dari 5,5 miliar dolar AS.

Dalam salah satu kesepakatan yang paling dinanti-nantikan, Yunani mengatakan akan menghidupkan kembali program visa turis tujuh hari yang dipercepat yang memungkinkan orang Turki untuk mengunjungi 10 pulau Yunani yang dekat dengan pantai Turki. 

Menjelang kunjungan tersebut, para pejabat Yunani juga secara terbuka memuji Ankara yang telah membantu membendung migrasi. Athena mencatat penurunan 60 persen jumlah migran yang datang secara ilegal ke pulau-pulau Yunani karena kerja sama yang lebih baik dengan penjaga pantai Turki.

Constantinos Filis, direktur Institute of Global Affairs dan profesor hubungan internasional di American College of Greece, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa pencairan hubungan antara Yunani dan Turki belum mencapai tingkat "pemulihan hubungan." Namun, "moratorium ketegangan" dapat memperoleh momentumnya setelah kunjungan tersebut.

"Erdogan telah memutuskan, untuk saat ini, bahwa penangguhan ketegangan ini melayani kepentingan Turki," kata Filis.

"Ada keinginan dari kedua belah pihak untuk mengonsolidasikan manfaat dari deeskalasi dan terus fokus pada agenda positif," tambahnya.

Ketegangan berkobar pada tahun 2020 selama perselisihan atas klaim maritim, dan terus meningkat hingga awal tahun ini, dengan Erdogan mengancam akan menginvasi pulau-pulau Yunani. Namun, hubungan kedua negara mendingin setelah Yunani mengirimkan bantuan ke Turki menyusul gempa bumi mematikan pada bulan Februari.

Baik Mitsotakis maupun Erdogan juga meraih kemenangan gemilang dalam pemilihan umum masing-masing tahun ini. Keduanya menciptakan apa yang dikatakan para analis sebagai jeda waktu yang unik selama bertahun-tahun, sebelum pemungutan suara besar berikutnya, di mana isu-isu sensitif seperti sengketa maritim dapat dibahas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement