Jumat 08 Dec 2023 13:22 WIB

AS Khawatir, Iran Dapatkan Kemampuan Militer Rusia yang Canggih

Iran terus kerja sama militer dengan Rusia.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
File - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 September 2022.
Foto: AP/Alexandr Demyanchuk/Pool Sputnik Kremlin
File - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) mengkhawatirkan Iran mendapatkan persenjataan Rusia yang canggih, sebuah langkah yang hanya akan meningkatkan kemampuannya untuk mendestabilisasi wilayah tersebut. Hal itu disampaikan juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada para wartawan pada Kamis, (7/12/2023).

Ia melihat, ada "hubungan yang jelas berkembang di bidang pertahanan" antara Iran dan Rusia. Kirby pun menuduh Republik Islam berada di balik serangan-serangan terhadap rute-rute pelayaran laut.

Baca Juga

"Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa mereka ingin mendapatkan beberapa helikopter tempur canggih, pesawat sayap tetap, rudal, kapal jelajah dan/atau balistik," katanya dilansir Jerusalem Post.

"Jelas ada hubungan yang berkembang di bidang pertahanan antara kedua negara," ujarnya.

Dorongan Iran untuk meningkatkan kemampuan militernya mengkhawatirkan bagi Timur Tengah, kata Kirby, ketika Presiden Iran Ebrahim Raisi bertemu di Moskow dengan Presiden Vladimir Putin.

Pihak berwenang Iran mengatakan bahwa kerja sama militer dengan Rusia terus berkembang dari hari ke hari. Iran mengatakan, bulan lalu bahwa mereka telah menyelesaikan kesepakatan dengan Rusia untuk menyediakan jet tempur Su-35 dan helikopter serang Mi-28,

Dalam pidato pembukaan yang disiarkan di televisi di Moskow pada hari Kamis, kedua pemimpin tersebut tidak merujuk pada kerja sama militer kedua negara yang sedang berkembang. Putin mengatakan bahwa sangat penting untuk membahas situasi di Timur Tengah, terutama di wilayah Palestina.

Raisi menjawab melalui seorang penerjemah: "Apa yang terjadi di Palestina dan Gaza tentu saja merupakan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan."

Dia mengatakan bahwa "lebih menyedihkan lagi" bahwa hal ini didukung oleh Amerika Serikat dan Barat, akibat perang di Ukraina dan memungkinkan Moskow untuk bersekutu dengan negara-negara berkembang dalam solidaritas dengan Palestina.

Di Washington, Kirby berbicara tentang peran Iran dalam menargetkan kapal-kapal di rute maritim di Laut Merah, menjelaskan bahwa Republik Islamlah yang berada di balik serangan Houthi.

"Kami memiliki banyak alasan untuk percaya bahwa mereka [Houthi] diaktifkan oleh Iran," katanya, seraya menjelaskan bahwa AS ingin memperluas gugus tugas maritim multinasionalnya.

Houthi mengatakan bahwa mereka telah melakukan serangan pesawat tak berawak dan rudal terhadap Israel dan kapal-kapal Israel di Laut Merah sebagai tanggapan atas serangan yang dilancarkan Israel terhadap Hamas di Gaza setelah serangan Hamas ke Israel pada tanggal 7 Oktober. Iran menyangkal keterlibatannya dalam serangan-serangan tersebut.

Washington mengatakan bahwa kapal-kapal perang AS telah menjatuhkan rudal dan pesawat tak berawak yang ditembakkan oleh Houthi, meskipun Pentagon mengatakan bahwa belum ada kejelasan apakah kapal-kapal AS benar-benar menjadi target. Kapal-kapal perang AS juga telah mencegat serangan-serangan terhadap kapal-kapal komersial yang menurut militer AS terkait dengan beberapa negara.

Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada hari Kamis terhadap 13 individu dan entitas karena diduga menyalurkan puluhan juta dolar dalam mata uang asing kepada kelompok Houthi Yaman dari penjualan dan pengiriman komoditas Iran.

Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Korps Garda Revolusi Islam, pasukan paramiliter dan spionase Iran, mendukung skema tersebut yang melibatkan jaringan kompleks dari rumah-rumah penukaran dan perusahaan-perusahaan di berbagai negara, termasuk Yaman, Turki, dan St Kitts and Nevis.

Iran danai Houthi serang kapal komersial ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement