Jumat 08 Dec 2023 13:34 WIB

Dewan Keamanan PBB Didesak Tuntut Israel Setop Perang Gaza

Hari ini Dewan Keamanan PBB akan menggelar pertemuan khsusus soal Perang Gaza.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Sidang Dewan Keamanan PBB
Foto: VOA
Sidang Dewan Keamanan PBB

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan terkait Gaza yang terkepung pada Jumat (8/12/2023), di bawah tekanan tajam dari Sekretaris Jenderal Antonio Guterres. DK PBB akan melakukan pemungutan suara untuk mendesak Israel gencatan senjata atau setop perang di Gaza segera setelah berminggu-minggu serangan yang menghancurkan.

Di tengah konflik yang semakin memanas, DK PBB mengevaluasi proposal mendesak untuk gencatan senjata di Gaza, menggarisbawahi pentingnya intervensi diplomatik. Meskipun jumlah korban jiwa sipil di wilayah Palestina terus meningkat dan kondisi kehidupan di sana digambarkan sebagai bencana di tengah bombardir Israel, hasil dari sidang tersebut masih belum jelas.

Baca Juga

Dalam sebuah surat kepada dewan pada Rabu (6/12/2023), Guterres mengambil langkah luar biasa dengan menggunakan Pasal 99 Piagam PBB. Pasal tersebut menyatakan bahwa sekretaris jenderal dapat meminta perhatian dewan masalah apa pun yang menurut pendapatnya dapat mengancam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

Tidak ada seorang pun dalam pekerjaannya yang melakukan hal ini selama beberapa dekade. Guterres menulis, "Di tengah bombardir terus-menerus oleh Pasukan Pertahanan Israel dan tanpa tempat berlindung atau hal-hal penting untuk bertahan hidup, saya memperkirakan ketertiban umum akan segera hancur total karena kondisi yang menyedihkan sehingga bantuan kemanusiaan yang terbatas pun menjadi tidak mungkin."

Dia menyerukan "gencatan senjata kemanusiaan" untuk mencegah bencana yang berpotensi menimbulkan dampak yang tidak dapat dipulihkan bagi warga Palestina dan seluruh Timur Tengah.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menyatakan harapannya agar Dewan Keamanan PBB mengindahkan seruan mendesak Guterres. Dujarric mengatakan bahwa sejak Rabu, kepala PBB telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron dan rekan-rekan mereka dari beberapa negara lain.

Israel telah mendesak penghancuran Hamas atas serangan 7 Oktober, menurut para tokoh Israel. Perang paling berdarah antara Israel dan Hamas kini memasuki bulan ketiga, dengan jumlah korban tewas di Gaza yang terkepung melonjak di atas 17.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Pengeboman dan penembakan tanpa henti yang dilakukan Israel telah membuat sebagian besar wilayah Gaza menjadi puing-puing. Israel sangat membatasi masuknya makanan, air, bahan bakar, dan obat-obatan, dan 1,8 juta orang (80 persen dari populasi Gaza) telah dipaksa meninggalkan rumah untuk menghindari serangan Israel.

Setelah Guterres mengirimkan surat mendesaknya, Uni Emirat Arab menyiapkan sebuah rancangan resolusi yang akan dilakukan pemungutan suara pada hari Jumat, kata delegasi dari Ekuador, yang mengetuai dewan bulan ini dan dengan demikian memutuskan masalah penjadwalan. Situasi kemanusiaan di Gaza sebagai "bencana" dan "menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera."

Tekanan meningkat terhadap PBB

Teks singkat tersebut juga menyerukan perlindungan warga sipil, pembebasan segera dan tanpa syarat bagi semua sandera yang masih ditahan Hamas, dan akses kemanusiaan ke Gaza. Namun, hasil pemungutan suara tidak jelas--empat draf sebelumnya yang diajukan sejak perang pecah ditolak oleh Dewan Keamanan.

Dewan akhirnya berhasil menyuarakan perang pada pertengahan November lalu dengan menyetujui sebuah resolusi yang menyerukan "jeda dan koridor kemanusiaan" di Gaza--bukan gencatan senjata.

Amerika Serikat, sekutu terkuat Israel, yang memveto salah satu rancangan resolusi sebelumnya dan menolak gagasan gencatan senjata, mengatakan bahwa resolusi baru dari dewan pada tahap ini tidak akan "berguna".

"Posisi kami tidak berubah," kata wakil duta besar AS, Robert Wood. "Kami sekali lagi berpikir bahwa hal terbaik yang dapat kita lakukan, kita semua, untuk situasi di lapangan, adalah membiarkan diplomasi di belakang layar yang tenang yang akan terus berlanjut," kata Wood. 

Agnes Callamard, sekretaris jenderal Amnesty International, mengatakan bahwa "AS dan semua anggota Dewan Keamanan PBB lainnya memiliki kewajiban yang jelas di bawah hukum internasional untuk mencegah kekejaman."

"Tidak ada pembenaran untuk terus memblokir tindakan yang berarti oleh Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan pertumpahan darah warga sipil secara besar-besaran, kehancuran total sistem kemanusiaan, dan bahkan kengerian yang lebih buruk yang diakibatkan oleh rusaknya ketertiban umum dan pengungsian besar-besaran," ujarnya.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan "kami sangat berharap bahwa Dewan Keamanan akan mengadopsi resolusi tersebut dan akan mendengarkan posisi sekretaris jenderal yang berani dan berprinsip."

Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen pada Rabu mengatakan bahwa masa jabatan Guterres adalah "bahaya bagi perdamaian dunia" setelah ia menggunakan Pasal 99. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement