Senin 11 Dec 2023 06:21 WIB

Putin Tawarkan Bantuan untuk Redakan Perang di Gaza

Dalam percakapan dengan Netanyahu, Putin tawarkan bantuan redakan perang

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Vladimir Putin (kanan) dan Benyamin Netanyahu (kiri)
Foto: AP
Vladimir Putin (kanan) dan Benyamin Netanyahu (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan percakapan via telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Ahad (10/12/2023). Perkembangan situasi di Jalur Gaza menjadi topik utama yang mereka bahas.

Kepada Netanyahu, Putin kembali menyampaikan tentang kesiapan Rusia untuk membantu meredakan peperangan di Gaza. “Pihak Rusia siap menawarkan semua bantuan yang mungkin untuk meringankan penderitaan warga sipil dan meredakan konflik,” kata Kremlin dalam keterangannya tentang pembicaraan telepon antara Putin dan Netanyahu, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Putin pun membahas tentang kelanjutan upaya evakuasi warga Rusia dari Gaza. Terkait hal itu, Netanyahu menyatakan siap membantu. “Kedua belah pihak menyatakan kesiapan bersama untuk melanjutkan kerja sama dalam isu evakuasi warga negara Rusia dan anggota keluarga mereka, serta pembebasan warga Israel yang disandera di Gaza,” ujar Kremlin.

Pada kesempatan itu, Netanyahu sempat menyinggung tentang kerja sama “berbahaya” antara Rusia dan Iran. Menurut keterangan Pemerintah Israel, Netanyahu menyampaikan ketidaksetujuan yang kuat atas hal tersebut.

Putin dan Netanyahu terakhir kali melakukan pembicaraan via telepon pada 16 Oktober 2023 atau sepuluh hari pasca pecahnya pertempuran di Gaza. Kala itu Putin telah menyampaikan kesiapan Rusia untuk membantu menyelesaikan krisis di sana. Namun, Israel tetap melanjutkan agresinya ke Gaza.

Evakuasi warga Rusia dari Gaza....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement