Rabu 13 Dec 2023 13:30 WIB

Hamas: Perang Gaza Buat Biden Ketakutan Kehilangan Suara di Pilpres

Biden sedang ketakutan perang Gaza membuatnya kehilangan suara dalam Pilpres

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
  US President Joe Biden (L) looks on during a meeting with Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu (R) in Tel Aviv, Israel, 18 October 2023. President Biden pledged US support for Israel and said the overnight attack on a hospital in the Gaza strip
Foto: EPA-EFE/MIRIAM ALSTER
US President Joe Biden (L) looks on during a meeting with Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu (R) in Tel Aviv, Israel, 18 October 2023. President Biden pledged US support for Israel and said the overnight attack on a hospital in the Gaza strip

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Seorang pejabat senior Hamas di Beirut, Lebanon, Osama Hamdan menilai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sedang ketakutan perang Gaza membuatnya kehilangan suara dalam Pilpres mendatang hingga ia berani mengkritik Israel.

“Dampak [perang] akan menjadi bencana besar bagi entitas [Israel] dan hasil pemilu di mana Biden mungkin kehilangan kursinya di Gedung Putih,” kata anggota biro politik Hamas itu dikutip dari Times of Israel.

Baca Juga

Menurut Osama, pandangan Biden juga berubah berkat perlawanan dan ketabahan rakyat Palestina. "Biden memahami bahwa operasi militer Israel adalah tindakan gila," ujarnya.

Biden sebelumnya memperingatkan bahwa Israel kehilangan dukungan internasional karena pengeboman tanpa pandang bulu di Gaza. “Keamanan Israel bisa saja bergantung pada AS, tetapi saat ini Israel mempunyai lebih dari AS. Ada Uni Eropa, ada Eropa, dan sebagian besar negara di dunia mendukung mereka. Mereka mulai kehilangan dukungan karena pengeboman tanpa pandang bulu yang terjadi," kata Biden kepada para donor saat penggalangan dana di Gedung Putih pada Selasa (12/12/2023).

Presiden AS itu mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengerti atas kondisi tersebut. Namun Netanyahu dinilai tidak begitu yakin dengan kabinet perang Israel.

Selama penggalangan dana, Biden mengatakan, bahwa ketika dia memperingatkan Netanyahu tentang hilangnya dukungan internasional atas pemboman tersebut, pemimpin Israel tersebut menyebutkan bahwa AS telah mengebom Jerman dalam Perang Dunia II dan menjatuhkan bom atom di Jepang.

“Itulah mengapa semua lembaga ini didirikan setelah Perang Dunia II, untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi. Jangan membuat kesalahan yang sama seperti yang kita lakukan pada 9/11. Tidak ada alasan kami harus berperang di Afghanistan. Tidak ada alasan kami harus melakukan begitu banyak hal yang telah kami lakukan," ujar Biden.

Pasukan Israel melancarkan serangan mematikan di Gaza, menghancurkan warga Palestina di rumah-rumah ketika militer terus melancarkan serangan yang menurut para pejabat bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Biden akhirnya memberikan penilaian yang lebih keras dari biasanya terhadap keputusan Israel sejak serangan Hamas pada 7 Oktober dan tindakan pemerintah konservatifnya.

Israel menjelaskan kepada AS operasinya di Jalur Gaza...

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement