Rabu 13 Dec 2023 18:36 WIB

Ini Alasan Relawan MER-C Kembali ke Tanah Air

Farid adalah salah satu dari tiga relawan MER-C yang bertugas di RS Indonesia di Gaza

Relawan lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Farid Zanzabil Al Ayubi, akhirnya kembali ke tanah air dari Gaza.
Foto: Antara
Relawan lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Farid Zanzabil Al Ayubi, akhirnya kembali ke tanah air dari Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Relawan lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Farid Zanzabil Al Ayubi, akhirnya kembali ke tanah air Selasa malam tadi. "Alasan saya keluar itu karena keamanan," kata Farid dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Farid adalah salah satu dari tiga relawan MER-C yang bertugas di Rumah Sakit  Indonesia di Jalur Gaza selama Israel menyerang kantong Palestina tersebut. Dua lainnya yakni Fikri Rofiul Haq dan Reza Aldilla Kurniawan memilih tetap di Gaza guna melanjutkan kerja kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga

Farid berangkat dari bandara di Kairo pada Selasa sekitar pukul 8.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa malam sekitar pukul 24.00 WIB.

Dalam konferensi itu, Farid mengisahkan perjalanannya kembali ke tanah air, mulai dari ketika dia dan dua rekannya serta warga Gaza dievakuasi dari RS Indonesia di Gaza, sampai saat dia ditawari evakuasi ke Mesir.

Saat dievakuasi dari Jalur Gaza utara menuju Jalur Gaza selatan, Farid mengaku harus melewati pemeriksaan cukup sulit di pos pemeriksaan yang dijaga ketat oleh Israel.

Untungnya, dia dan dua rekannya berhasil melewati pos pemeriksaan itu dan selanjutnya mencari tempat perlindungan di sekolah yang berada di belakang Rumah Sakit Eropa di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, bersama warga Gaza lainnya.

Selama di Jalur Gaza selatan, Farid dan relawan MER-C lainnya terus membantu warga Gaza di tempat penampungan dengan membuat program pembagian makanan bagi warga Gaza dengan bantuan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia melalui MER-C.

Farid akhirnya ditawari dievakuasi keluar Gaza, tapi dalam tidak bisa langsung keluar dari Gaza. "Saya tidak bisa langsung keluar dari Rafah, enggak keluar dari Jalur Gaza. Saya menunggu kurang lebih dua minggu untuk mendapat konfirmasi bahwa saya bisa keluar dari Jalur Gaza," kata Farid.

Farid mengungkapkan hingga saat ini Israel memperluas serangan ke Jalur Gaza selatan. Oleh karena itu, demi alasan keamanan, Farid memilih kembali ke Indonesia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement