Sabtu 30 Dec 2023 15:14 WIB

Argentina Mundur dari Keanggotaan BRICS

BRICS sebelumnya hanya beranggotakan Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Pemimpin negara-negara anggota BRICS. Argentina memutuskan untuk tak jadi bergabung dengan BRICS.
Foto:

Perdana Menteri India Narendra Modi sempat menyampaikan bahwa para pemimpin BRICS telah menyetujui prinsip-prinsip panduan, standar, kriteria dan prosedur untuk menerima negara-negara anggota baru seiring dengan upaya kelompok tersebut untuk berkembang lebih jauh. Di bawah keketuaan Rusia, BRICS tampaknya akan kembali merangkul anggota baru.

Daftar terbaru negara-negara kandidat untuk keanggotaan BRICS akan disiapkan guna dipertimbangkan pada pertemuan puncak tahunan kelompok tersebut berikutnya. Menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, bobot, prestise, dan peran masing-masing negara kandidat, serta posisinya di arena internasional diperhitungkan dalam pengambilan keputusan mengenai perluasan BRICS.

Lebih dari 40 persen populasi dunia tercakup dalam BRICS. Produk domestik bruto (PDB) negara-negara anggota BRICS mewakili lebih dari 30 persen PDB global. Isu ekspansi keanggotaan BRICS sempat dipandang sebagai upaya menandingi G20. Namun hal itu telah dibantah oleh para pemimpin BRICS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement