Sabtu 30 Dec 2023 15:25 WIB

Ribuan Warga Yaman Gelar Aksi Demonstrasi Dukung Gaza

Unjuk rasa dilaporkan di Sanaa, Hodeidah, Yaman, dukung warga Gaza.

Ribuan warga Yaman berpartisipasi dalam demonstrasi massal untuk mendukung Gaza.
Foto: AP Photo/Hussein Malla
Ribuan warga Yaman berpartisipasi dalam demonstrasi massal untuk mendukung Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Ribuan warga Yaman pada Jumat berpartisipasi dalam aksi demonstrasi massal untuk mendukung Gaza yang menghadapi serangan gencar dari Israel. Aksi unjuk rasa tersebut diserukan oleh kelompok Houthi di beberapa kota dan wilayah yang berada di bawah kendali kelompok tersebut, dengan judul 'Bersamamu sampai Kemenangan. Amerika Tidak Akan Menghentikan Kami'.

Menurut kantor berita Saba, dikutip Anadolu, Sabtu (30/12/2023), yang dikelola Houthi, unjuk rasa itu dilaporkan di Provinsi Sanaa, Hodeidah, Hajjah, Dhale dan al-Bayda serta di Provinsi Saada dan Raymah. Pernyataan kelompok Houthi dibacakan dalam unjuk rasa tersebut, yang menekankan kelanjutan unjuk rasa untuk mendukung Gaza.

Baca Juga

Pernyataan tersebut juga mendesak orang-orang dari seluruh dunia untuk mengaktifkan alat-alat boikot ekonomi terhadap produk-produk Amerika dan Israel, dan semua perusahaan yang mendukung mereka. Kelompok Houthi menegaskan kelanjutan operasi angkatan lautnya terhadap kapal-kapal Israel atau kapal yang berlayar menuju pelabuhan Israel hingga blokade terhadap Gaza dicabut.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin baru-baru ini mengumumkan pembentukan misi multinasional - Operasi Penjaga Kemakmuran - untuk melawan serangan Houthi terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah. Sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober, Israel terus melancarkan serangan tanpa henti di Jalur Gaza, menewaskan sedikitnya 21.507 warga Palestina dan melukai 55.915 orang lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

Sementara itu, pihak berwenang mengklaim bahwa serangan Hamas telah menewaskan sekitar 1.200 warga Israel. Serangan gencar yang dilakukan Israel telah menghancurkan Gaza, dengan 60 persen infrastruktur daerah kantong itu rusak atau hancur dan hampir 2 juta warga mengungsi di tengah kelangkaan parah makanan, air bersih dan obat-obatan. 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement