Rabu 17 Jan 2024 21:37 WIB

Kecewa dengan Serangan Iran, Pakistan Tarik Dubes

Pakistan menilai serangan Iran telah melanggar kedaulatan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera Iran dan Pakistan (Ilustrasi)
Bendera Iran dan Pakistan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Pakistan akan menarik duta besarnya dari Iran. Keputusan itu diambil setelah Iran meluncurkan serangan ke wilayah Pakistan yang disebut membidik kelompok teroris.

Juru bicara (jubir) Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan, serangan Iran telah melanggar kedaulatan wilayah negara mereka. Dia mengkategorikan serangan itu sebagai pelanggaran mencolok dan tanpa alasan. “Pakistan berhak untuk menanggapi tindakan ilegal ini,” ujarnya, Rabu (17/1/2024), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

Pakistan mengatakan, serangan Iran pada Selasa (16/1/2024) malam menyebabkan dua anak terbunuh.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengungkapkan, militer negaranya menargetkan kelompok teroris asal negaranya. “Di Pakistan, tidak ada warga negara Pakistan yang  menjadi sasaran rudal dan drone Iran,” kata Amirabdollahian di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Rabu.

“Kelompok yang disebut Jaish al-Adl, yang merupakan kelompok teroris Iran, menjadi sasaran (serangan ke Pakistan),” tambah Amirabdollahian.

Amirabdollahian mengatakan serangan ke “tanah Pakistan” adalah respons terhadap serangan mematikan kelompok Jaish al-Adl baru-baru ini terhadap negaranya, khususnya di kota Rask di provinsi tenggara Sistan-Baluchistan. Serangan pada 10 Januari 2024 terhadap kantor polisi di kota tersebut menewaskan seorang polisi. Sebulan sebelumnya, 11 petugas polisi tewas dalam serangan serupa di wilayah tersebut.

Kedua serangan tersebut diklaim oleh Jaish al-Adl (Tentara Keadilan), sebuah kelompok ekstremis Muslim Sunni yang dibentuk pada 2012. Iran telah mencantumkan kelompok tersebut ke daftar hitam sebagai kelompok “teroris”.

“Kelompok ini berlindung di beberapa bagian provinsi Balochistan di Pakistan,” kata Amirabdollahian, seraya menambahkan bahwa Iran telah berbicara dengan pejabat Pakistan beberapa kali mengenai masalah tersebut.

Amirabdollahian menekankan, Iran menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Pakistan. Namun Iran tidak akan “membiarkan keamanan nasionalnya “dikompromikan atau dipermainkan”. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement