Kamis 18 Jan 2024 14:55 WIB

Ngebet Ingin Usir Warga Palestina, Menteri Keamanan Israel: Gaza Harus Diduduki

Menteri Keamanan Nasional Israel ingin menduduki kembali wilayah Gaza.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Dalam wawancara terbarunya, Ben-Gvir menginginkan warga Gaza diusir dan wilayah Palestina itu kembali diduduki.
Foto: Atef Safadi/Pool via AP, File
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. Dalam wawancara terbarunya, Ben-Gvir menginginkan warga Gaza diusir dan wilayah Palestina itu kembali diduduki.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir kembali melontarkan pernyataan provokatif. Dia kembali menyuarakan gagasannya tentang pengusiran warga Palestina dari Jalur Gaza dan mendorong Israel menduduki kembali wilayah tersebut.  

"Gaza harus diduduki. Tetap berada di dalamnya dan dorong migrasi sukarela warganya. Jika kita memenangkan perang, hal itu akan terlaksana," kata Ben-Gvir dalam sebuah wawancara dengan Channel 13 Israel, Rabu (18/1/2024), dikutip Anadolu Agency.

Baca Juga

Ben-Gvir kemudian mengkritik jalannya perang di Gaza. Dia menginginkan adanya tambahan pasukan.

"Kritik saya terhadap jalannya perang jelas: kemajuan harus dilakukan untuk menghasilkan resolusi. Tentara melakukan tugasnya dengan sangat baik, tetapi di kabinet mini (kabinet Israel), Anda harus memberi mereka (tentara) dukungan untuk menyelesaikan masalah ini," ucapnya.

Awal bulan ini, Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich membuat pernyataan yang menganjurkan agar warga Palestina di Gaza dimukimkan kembali di luar wilayah tersebut. Smotrich berpendapat, hal itu akan membantu Israel mengendalikan Gaza secara militer.

Smotrich mendorong agar warga Gaza dipindahkan ke negara lain atau negara ketiga. "Jika kita bertindak dengan cara yang benar secara strategis dan mendorong emigrasi, jika ada 100 ribu atau 200 ribu orang Arab di Gaza dan bukan dua juta, keseluruhan wacana setelah (berakhirnya) perang (dengan Hamas) akan sangat berbeda," ucapnya.

Pernyataan Smotrich digemakan oleh Ben-Gvir. "Kita harus mempromosikan solusi untuk mendorong emigrasi penduduk Gaza," ujar Ben-Gvir yang dikenal sebagai tokoh sayap kanan anti-Arab.

Menteri Warisan Budaya Israel Amichai Eliyahu juga ikut menggaungkan gagasan tentang pengusiran warga Palestina dari Jalur Gaza. Saat diwawancara stasiun radio lokal Israel pada 5 Januari 2024 lalu, Eliyahu mengatakan, Israel harus menghancurkan impian nasional rakyat Palestina.

"Itulah yang harus kita lakukan," ujarnya.

Eliyahu kemudian menyinggung tentang serangan dan operasi infiltrasi Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan sekitar setidaknya 1.139 orang.

"(Sejak Hamas) membantai kita pada 7 Oktober, maka mereka tidak boleh berada di sana (Gaza). Kita harus menemukan cara bagi warga Gaza yang lebih menyakitkan daripada kematian," kata Eliyahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement