Jumat 26 Jan 2024 21:21 WIB

Sambut Putusan ICJ Soal Israel, Jubir: Sejarah Catat Afsel Pimpin Komunitas Internasional

Presiden Afsel akan sampaikan pidato untuk tanggapi putusan ICJ.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Warga Palestina memegang panci kosong saat menunggu bantuan makanan di kamp pengungsi Rafah, Jalur Gaza Selatan, (25/1/2024). ICJ perintahkan Israel perbaiki situasi kemanusiaan di Gaza.
Foto:

ICJ memutuskan bahwa mereka mengakui hak warga Palestina di Gaza untuk dilindungi dari tindakan genosida. ICJ menyebut warga Palestina tampaknya merupakan kelompok yang dilindungi di bawah Konvensi Genosida.

Panel hakim ICJ mengatakan, Israel harus memastikan pasukannya tidak melakukan genosida dan mengambil tindakan untuk memperbaiki situasi kemanusiaan. ICJ memerintahkan Israel memberi laporan dalam waktu satu bulan tentang apa yang dilakukannya untuk menerapkan putusan pengadilan.

Pada awal persidangan, ICJ mengatakan bahwa mereka mempunyai yurisdiksi untuk memutuskan tindakan darurat yang diminta oleh Afsel dalam kasus dugaan genosida Israel di Gaza. Putusan ICJ yang dikeluarkan pada Jumat tidak membahas tuduhan inti dalam kasus ini, yakni tentang apakah Israel memang melakukan genosida.

ICJ fokus pada intervensi mendesak yang diupayakan oleh Afsel selaku penggugat.Keputusan ICJ mengikat secara hukum dan tanpa banding. Namun, ICJ tak mempunyai kemampuan untuk menegakkan putusannya.

Hingga saat ini, pertempuran antara Israel dan Hamas serta kelompok perlawanan Palestina lainnya masih berlangsung di Jalur Gaza. Lebih dari 26 ribu warga Gaza telah terbunuh sejak Israel memulai agresinya pada 7 Oktober 2023, sementara korban luka melampaui 64 ribu orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement