Jumat 02 Feb 2024 20:18 WIB

Korea Selatan Deteksi Peluncuran Rudal Jelajah Korea Utara Jelang Tengah Hari Tadi

Tiga hari lalu, Korea Utara juga tembakkan rudal jelajah Hwasal-2.

Korea Utara luncurkan rudal jelajah strategis Hwasal-2 di Laut Barat Korea, Korea Utara, 30 Januari 2024. Menurut kantor berita KCNA, Tentara Rakyat Korea (KPA) menggelar latihan untuk memeriksa serangan balik dan kemampuan serangan strategisnya.
Foto:

Hwasal berarti "panah" dalam Bahasa Korea dan Pulhwasal memiliki arti "panah api". Rudal jelajah yang digerakkan oleh mesin jet itu terbang rendah dan bermanuver, sehingga membuatnya lebih sulit dideteksi dan dicegat.

Rudal jelajah itu pun dinilai semakin menambah ancaman terhadap sistem pertahanan udara Korea Selatan. Terlebih, kini Korea Utara sedang meningkatkan kemampuan rudal balistik dengan jangkauan, hulu ledak, dan platform peluncuran yang bervariasi.

Para ahli mengatakan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam seperti Pulhwasal tersebut dapat menimbulkan ancaman serius terhadap sistem pertahanan udara Korea Selatan jika disempurnakan. Hal itu karena rudal tersebut lebih sulit dideteksi dan ditembak jatuh karena ketinggian terbangnya yang rendah dan mempunyai kemampuan serangan yang presisi.

sumber : Antara, Yonhap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement