Jumat 09 Feb 2024 23:17 WIB

Hari Ini, 129 Tahun Lalu Olahraga Bola Voli Ditemukan

Olahraga bola voli ditemukan di Amerika Serikat

Ilustrasi bola voli. Olahraga bola voli ditemukan di Amerika Serikat
Foto:

Peralihan dari olahraga rekreasi ke olahraga profesional berawal dari terbentuknya sejumlah federasi bola voli di sejumlah negara di Eropa yang bertugas untuk menaungi cabang bola voli agar pengembangannya lebih serius.

Keberadaan federasi bola voli di sejumlah negara tersebut membuat munculnya wacana dan mendorong terciptanya federasi bola voli dunia yang menjadi payung dari federasi-federasi tersebut.

Inisiatif tersebut akhirnya terwujud pada April 1947, ketika wakil dari federasi bola voli dari 14 negara mengadakan kongres di Paris, Prancis untuk membentuk Federasi Bola Voli Internasional atau Federation International Volley Ball (FIVB).

Paul Libaud yang merupakan presiden Federasi Bola Voli Prancis terpilih sebagai presiden pertama FIVB. Selain pemilihan presiden pertama, kongres tersebut juga menghasilkan putusan bahwa markas FIVB akan ditempatkan di Paris, Prancis.

Dua tahun berselang, kejuaraan internasional bola voli pertama digelar lalu pada tahun 1952, kejuaraan internasional bola voli khusus untuk perempuan diperkenalkan.

Cabang olahraga voli baru masuk ke Olimpiade pada tahun 1964, usai Komite Olahraga Internasional (IOC) memutuskan untuk menambahkan voli ke dalam ajang Olimpiade. Penetapan FIVB menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Olimpiade menjadi angin segar bagi perkembangan bola voli. Pasalnya pada tahun tersebut, FIVB telah mempunyai 89 anggota federasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1984, terjadi perubahan yang besar di FIVB usai presiden FIVB pertama Paul Libaud mengundurkan diri setelah 37 tahun memimpin federasi. Ruben Acosta yang terpilih sebagai suksesor hasil dari Kongres Dunia di Long Beach, California.

Baca juga: 10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

Kongres tersebut juga menghasilkan keputusan penting mengenai pemindahan markas FIVB yang semula berada di Paris, Prancis berpindah ke Lausanne, Swiss dengan alasan agar lebih dekat dengan kantor pusat IOC.

Lalu pada tahun 1998 terjadi sejumlah perubahan aturan baru di bola voli untuk menarik minat penggemar dan sponsor. FIVB mengenalkan sejumlah aturan baru diantaranya sistem rally point, adanya pemain libero dan aturan let ball in play.

 

Hingga saat ini FIVB telah mempunyai 222 anggota yang tersebar di lima benua; 54 di benua Afrika, 65 di Asia, 56 di Eropa, 35 di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia dan 12 di Amerika Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement