Sabtu 24 Feb 2024 09:39 WIB

Kaisar Jepang Sampaikan Dukacita untuk Korban Gempa Bumi

Kaisar berharap pemulihan dan rekonstruksi akan berjalan lancar.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (20/6/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto/POOL
Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (20/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan dukacita atas hilangnya nyawa akibat gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang tengah pada Hari Tahun Baru, 1 Januari 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Kaisar Naruhito pada Jumat (23/2/2024) saat merayakan ulang tahunnya yang ke-64.

Kaisar Naruhito juga menyampaikan simpatinya kepada orang-orang yang kehilangan tempat tinggal. Kaisar mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi daerah yang terkena dampak bencana di Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, bersama istrinya Permaisuri Masako.

Baca Juga

BACA JUGA: Kapan Malam Nisfu Syaban dan Apa Keutamaannya? Ini Jawaban Lengkapnya

“Hati saya sungguh sedih bagi banyak orang yang terkena dampak dan mereka yang terpaksa mengungsi,” kata dia pada konferensi pers di Istana Kekaisaran menjelang ulang tahunnya.

Kaisar menambahkan bahwa ia berharap pemulihan dan rekonstruksi akan berjalan lancar, dan menyampaikan penghargaannya kepada para pekerja keras profesional yang terlibat dalam upaya bantuan dan dukungan medis.

Berkaca pada perkembangan positif selama setahun terakhir, kaisar menyinggung pelonggaran pembatasan virus corona ketika pemerintah pada Mei menurunkan status hukum Covid-19 ke kategori yang sama dengan influenza musiman.

“Itu adalah tahun di mana kita dapat melihat dengan jelas perkembangan cemerlang dalam proses kehidupan sehari-hari masyarakat kembali normal,” ujarnya.

Kaisar mengatakan dia senang dapat melanjutkan tugasnya menghadiri berbagai upacara dan acara sejalan dengan pelonggaran pembatasan Covid-19. “Saya merasakan momen-momen yang mengharukan ketika saya mendengarkan langsung berbagai orang dan melihat senyuman mereka di tempat-tempat yang saya kunjungi,” ujarnya.

Pada bulan Juni tahun lalu, kaisar...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement