Kamis 29 Feb 2024 22:40 WIB

Pengantre Makanan di Gaza: Israel Tembaki Kami dari Kepala ke Kaki

Korban pembantaian pengantre makanan di Gaza mencapai 104 jiwa.

Warga Palestina menunggu bantuan kemanusiaan di tepi pantai Kota Gaza, Jalur Gaza, Ahad, 25 Februari 2024.
Foto: AP Photo/Mahmoud Essa
Warga Palestina menunggu bantuan kemanusiaan di tepi pantai Kota Gaza, Jalur Gaza, Ahad, 25 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Setidaknya 104 warga Palestina syahid dan ratusan lainnya terluka ketika pasukan Israel menembaki orang-orang di konvoi bantuan di Jalan al-Rasheed Kota Gaza pada Kamis. Kementerian Kesehatan Palestina menyebut insiden tersebut sebagai “pembantaian”.

Warga Kota Gaza berkumpul untuk mencari makanan, namun wilayah tersebut sama sekali tidak mendapat bantuan dari pasukan Israel. LSM dan pakar PBB telah menyuarakan kekhawatiran akan kelaparan di Gaza utara dan terdapat laporan mengenai banyak orang, termasuk bayi, yang meninggal karena kelaparan.

Baca Juga

Fares Afana, kepala layanan ambulans di Rumah Sakit Kamal Adwan Gaza, mengatakan petugas medis menemukan “puluhan atau ratusan” mayat tergeletak di tanah begitu mereka mencapai lokasi kejadian. Dia mengatakan beberapa orang yang terluka harus dibawa ke rumah sakit dengan kereta keledai karena tidak ada cukup ambulans untuk membawa semua korban tewas dan terluka.

Rumah sakit di Gaza utara, yang sebagian besar tidak berfungsi karena serangan Israel yang berulang kali, dilaporkan tidak mampu menangani gelombang besar pasien.

Ahmad (31 tahun) yang hanya menyebutkan nama depannya, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa truk bantuan tiba di jalan pada pukul 04.00 pagi, dan pasukan Israel menembaki orang-orang yang mencoba mencapai konvoi tersebut. Ahmad tertembak di lengan dan kaki.

“Penembakannya tidak pandang bulu, ada yang ditembak di kepala, di kaki, di perut,” ujarnya. “Satu orang syahid, lalu dilindas tank.”

Yusri al-Ghoul, seorang novelis, dosen dan dokter Palestina yang mengungsi, berada di daerah tersebut selama serangan pasukan Israel terhadap warga Palestina yang mencoba mendapatkan bantuan di Gaza.

“Setiap hari kami pergi ke tempat yang dekat dengan tank Israel karena kami kelaparan; kami tidak menemukan makanan, bahkan makanan hewani selama sekitar dua bulan, dan anak-anak kami kelaparan,” katanya kepada Aljazirah.

“Apa yang terjadi hari ini di pagi hari… Saya pergi ke daerah itu seperti ribuan warga Palestina untuk mendapatkan bantuan, tapi sayangnya kami kembali dengan para martir, dengan orang-orang tak berdosa yang dibunuh oleh tank dan penembak jitu Israel,” kata al-Ghoul. “Mereka menembak puluhan warga Palestina di depan saya… mereka menargetkan kepala, siku, dan lutut mereka.”

“Sayangnya, harga darah kami sangat murah.”

photo
Kelaparan Esktrem di Gaza - (Republika)

Militer Israel menuduh warga Palestina bertanggung jawab atas penghancuran massal tersebut, dengan mengatakan: “penduduk mengepung truk dan menjarah perbekalan yang dikirimkan. Akibat dorongan, injakan dan tertabrak truk, puluhan warga Gaza tewas dan terluka." Mereka merilis rekaman udara yang menunjukkan warga Palestina yang putus asa berkumpul di sekitar truk.

Namun, di samping keterangan saksi, rekaman video dengan jelas menunjukkan suara tembakan keras saat kejadian. Sumber-sumber Israel mengatakan bahwa tentara melepaskan tembakan ke arah warga Palestina, dan salah satu sumber mengatakan tentara tersebut yakin massa "menimbulkan ancaman".

Gedung Putih menyatakan Amerika Serikat sedang menyelidiki laporan tembakan Israel terhadap warga Palestina yang menunggu bantuan di dekat Kota Gaza, dan menggambarkannya sebagai “insiden serius”.

“Kami berduka atas hilangnya nyawa orang tak berdosa dan mengakui situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza, di mana warga Palestina yang tidak bersalah hanya berusaha memberi makan keluarga mereka,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

“Hal ini menggarisbawahi pentingnya memperluas dan mempertahankan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza, termasuk melalui potensi gencatan senjata sementara,” tambah juru bicara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement