Sabtu 02 Mar 2024 09:49 WIB

Kecewa pada Biden, Suara Warga Arab Amerika Lari ke Trump

Biden sama sekali tidak mendengarkan suara warga arab di AS.

 Mantan presiden Donald J Trump meninggalkan Trump Tower dalam perjalanan untuk menghadiri konferensi praperadilan di gedung pengadilan New York di New York, New York, AS, (15/2/2024).
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Mantan presiden Donald J Trump meninggalkan Trump Tower dalam perjalanan untuk menghadiri konferensi praperadilan di gedung pengadilan New York di New York, New York, AS, (15/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Dania berdiri di gimnasium sebuah sekolah umum di Dearborn, Michigan, dan membuka klik penanya. Dia memberikan suara dalam pemilihan pendahuluan presiden untuk pertama kalinya dan ingin menjadikannya berarti.

Dia keluar masuk gedung dalam waktu kurang dari lima menit pada Selasa, (27/2/2024). Dia bergabung dengan sekitar 100 ribu warga Michigan lainnya yang melakukan hal yang sama. Dia mengatakan “tidak mungkin” akan memilih seseorang yang mengizinkan “pembunuhan 30 ribu orang dan makan es krim saat dia berbicara tentang kemungkinan gencatan senjata”.

Baca Juga

Michigan adalah rumah bagi sekitar 300 ribu orang yang menelusuri warisan mereka hingga ke kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, dan memainkan peran penting dalam pemilu sebagai "swing state". Hal ini dianggap penting untuk mengamankan kemenangan dalam pemilihan presiden, yang hasilnya seringkali ditentukan oleh selisih tipis.

Pada 2016, Donald Trump adalah orang Partai Republik pertama yang memenangkan Michigan sejak tahun 1988, mengamankan negara bagian tersebut dengan menarik pemilih kelas pekerja dan mengalahkan Hillary Clinton dengan selisih hampir 11 ribu suara. Sebaliknya, Biden mengamankan Michigan dengan selisih sekitar 150 ribu suara pada 2020.

Meskipun jumlah suara yang tidak terikat sama dengan 11 persen yang diperoleh pada kampanye terpilihnya kembali Barack Obama pada 2012, jumlah ini berarti hanya sekitar 20 ribu suara.

Para ahli mengatakan, pemungutan suara ini penting, terutama di negara bagian yang swing state seperti Michigan. Dania mengetahui hal ini, begitu pula teman-temannya serta pemuda Arab-Amerika lainnya seperti dia yang marah pada Biden.

Inilah sebabnya mengapa dia dan orang lain memutuskan mereka akan memilih Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat pada bulan November.

“Percayalah, saya tahu Trump bukanlah malaikat. Tapi siapa yang memutuskan bahwa Biden adalah yang terbaik dari dua kejahatan?” katanya kepada Middle East Eye.

Suara Warga Arab

Dania dan teman-temannya berdiskusi panjang lebar mengenai pemilu mendatang. Dia menjelaskan, sebagai orang Arab di Michigan, meskipun suara mereka penting, namun tidak akan banyak berpengaruh jika hanya segelintir dari mereka yang memilih Trump.

Tapi dia setuju dengan itu. “Sejujurnya, saya bahkan tidak peduli apakah Trump menang atau kalah. Saya hanya tidak ingin Biden menang. Saya tidak ingin mengabaikan Biden dalam pemungutan suara saya di bulan November. Saya akan memilih Trump karena saya bisa,” katanya.

“Biden tidak mendengarkan kami dan sejujurnya, ini sudah terlambat. Maafkan saya jika saya menolak memilih orang yang pada dasarnya mengizinkan pembunuhan terhadap kerabat teman-teman saya di Gaza. Apakah Trump melakukan hal itu? Belum, tapi mari kita seberangi jembatan itu ketika kita sampai di sana.”

Ketika ditanya apakah dia tahu Trump akan lebih baik dari Biden, Aziz Mohammad, seorang mahasiswa di Pennsylvania, mengatakan dia tidak tahu. Tapi dia lebih memilih mengambil kesempatan itu daripada secara sadar memilih orang yang menurutnya telah memicu terjadinya genosida. 

Ia mengatakan jurnalis Mehdi Hasan menjelaskannya dengan baik. Dalam wawancara CNN, Hasan mengatakan kepada Abby Phillip, “Joe Biden memiliki kekuatan untuk mengangkat telepon dan mengakhiri perang ini. Dia bisa menelepon perdana menteri Israel dan mengatakan ‘Kami akan menghentikan Anda’,” katanya.

“Dia tidak melakukannya setelah 10 ribu orang meninggal, 20 ribu orang meninggal. Hari ini kita melewati 30 ribu orang tewas. Anda harus bertanya, mengapa? Ini adalah pria yang dipandang sebagai pemimpin penghibur yang hebat… Bagaimana mungkin dia tidak menghentikan perang?”

Mohammad menjelaskan, dia lelah. Setiap hari ketika dia bangun, hal pertama yang dia lakukan adalah menelusuri halaman Instagram-nya. Umpannya adalah video demi video kekerasan yang terjadi di Gaza. 

Para ibu yang duduk di dekat peti mati anak-anak mereka, menangis. Seorang anak berjalan dengan satu tangan. Seorang ayah memegangi wajahnya kesakitan.

“AS adalah negara paling kuat di dunia. Kami tidak berutang apa pun kepada Israel, namun para pemimpin kami memperlakukan tempat itu seperti Mekah. Mereka dapat menghentikan pendanaan ke Israel dalam lima menit. Mereka bisa berhenti meneriakkan dukungannya. Biden bisa melakukan semua ini tapi dia memilih untuk tidak melakukannya,” kata Mohammad.

“Jadi saya akan memilih Trump bukan karena dia luar biasa – karena dia tidak luar biasa. Tapi karena 30 ribu orang tak bersalah tidak mati di bawah pengawasannya." Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan total korban jiwa warga Palestina sejak dimulainya perang Israel di Gaza pada 7 Oktober 2023 telah melampaui 30 ribu orang – sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan sedikitnya 7.000 orang masih hilang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement