Selasa 12 Mar 2024 10:48 WIB

Di Gaza, Keceriaan Ramadhan Kini Berganti Air Mata

PBB telah berulang kali memperingatkan bahwa Gaza berada di ambang kelaparan.

Warga Palestina di Rafah, Gaza kesulitan mendapatkan makanan segar, tidak terkecuali saat memasuki bulan Ramadan.
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Warga Palestina di Rafah, Gaza kesulitan mendapatkan makanan segar, tidak terkecuali saat memasuki bulan Ramadan.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Saat bulan suci Ramadhan tiba setiap tahun, Diab al-Zaza, 77, dan keluarganya biasanya menghiasi jalan-jalan di lingkungannya. Dia dan 10 anaknya berjalan-jalan di dekat rumah mereka dan membagikan lentera tradisional dan permen kepada tetangga mereka.

Bulan suci ini biasanya sangat dinantikan di Gaza, karena bulan ini memberikan waktu bagi umat Islam untuk berefleksi dan melakukan ibadah serta menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Namun tahun ini, Ramadhan, yang telah dimulai pada hari Senin, telah membuat banyak orang merasa cemas, setelah lebih dari lima bulan terjadi perang di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Baca Juga

Lebih dari 30.900 warga Palestina telah tewas di Gaza sejak dimulainya perang pada 7 Oktober, sementara 70.000 orang terluka. PBB mengumumkan pada Sabtu (9/3/3/2024), bahwa 80 persen wilayah Gaza kini tidak dapat dihuni, sementara tingkat kelaparan mencapai 100 persen.

“Saya telah melalui banyak kesulitan, namun sepanjang hidup saya, saya belum pernah menjalani hari-hari yang lebih sulit daripada ini karena kelaparan, kehausan, kehilangan dan perpisahan,” kata Zaza kepada Middle East Eye, Selasa (12/3/2024). 

Zaza terpisah dari keluarganya akibat pemboman Israel. Istrinya menolak pindah ke selatan bersama putra dan putri mereka, sehingga dia tidak dapat melihat 10 anak dan 50 cucunya.

“Kita sekarang hidup dalam kondisi yang lebih buruk daripada Nakba,” katanya, mengacu pada periode ketika warga Palestina dibunuh atau diusir dari rumah mereka ketika negara Israel berdiri. “Pada saat Nakba, jumlah orang lebih sedikit dan negara ini terbuka, tapi sekarang kami dikepung dari semua sisi,” katanya.

Tahun ini, kata Zaza, dia tidak akan memasang dekorasi Ramadhan apa pun, karena terlalu banyak orang, termasuk teman, kerabat, dan tetangganya, yang terbunuh, dan keluarganya masih mengungsi. “Ramadhan tahun ini akan menyedihkan karena perang tidak meninggalkan apa pun bagi kita. Mereka [tentara Israel] menghancurkan masjid-masjid, bahkan mereka menghancurkan Masjid Al-Omari yang berusia lebih dari 1.400 tahun. Tidak ada tempat bagi kami untuk salat tarawih sekarang,” tambahnya, mengacu pada salat malam sunnah yang dilakukan selama Ramadhan.

Bagi Zaza, suara kegembiraan yang biasa terdengar sepanjang tahun ini telah digantikan dengan air mata. PBB dan beberapa lembaga bantuan telah berulang kali memperingatkan bahwa Gaza berada di ambang kelaparan, dan menyerukan agar Israel segera mengizinkan bantuan.

Setidaknya 25 orang telah meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi sejak dimulainya perang, termasuk seorang anak berusia 10 tahun yang menderita Cerebral Palsy. Kelaparan yang meluas telah membuat banyak warga Palestina merasa cemas menjelang bulan suci ini, di mana umat Islam biasanya diharuskan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Mereka yang kekurangan gizi, dan wanita yang sedang menstruasi, hamil atau menyusui dibebaskan dari puasa, begitu pula mereka yang sakit atau bepergian, masyarakat Gaza telah dilemahkan oleh pengepungan dan pemboman selama berbulan-bulan. “Kami telah berpuasa hampir di luar keinginan kami selama tiga bulan karena kelaparan karena tidak ada makanan yang tersedia untuk dimakan,” kata Zaza. “Berat badan saya turun 12 kilo gram sejak awal perang. Saya sering pusing saat berjalan bersama istri saya.”

Dalam keadaan seperti itu, dia tidak yakin apakah dia bisa berpuasa tahun ini. Dia juga sebelumnya menderita strok, sementara istrinya menderita diabetes dan terpaksa membagi suntikan insulin normalnya menjadi tiga dosis karena kelangkaan obat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement