Ahad 28 Apr 2024 19:58 WIB

Rusia Hancurkan 17 Drone yang Diluncurkan dari Ukraina

Drone-drone itu diluncurkan dari tiga wilayah Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera
Wanita setempat meninggalkan lokasi bangunan yang rusak setelah serangan rudal di Kyiv (Kiev), Ukraina, 02 Januari 2024, di tengah invasi Rusia.
Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Wanita setempat meninggalkan lokasi bangunan yang rusak setelah serangan rudal di Kyiv (Kiev), Ukraina, 02 Januari 2024, di tengah invasi Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sistem pertahanan Rusia menghancurkan 17 drone yang diluncurkan dari wilayah Ukraina. Pejabat regional mengatakan serangan itu mengincar fasilitas gudang minyak di Kulaga.

Di aplikasi kirim-pesan Telegram, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan drone-drone itu diluncurkan dari tiga wilayah Ukraina ke wilayah Kaluga, di selatan Moskow. Gubernur wilayah Kaluga Vladislav Shapsha mengatakan semua drone jatuh di dekat depot minyak dekat Kota Lyudinovo. "Tidak ada korban atau kerusakan," kata Shapsha dalam pernyataannya di Telegram, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sembilan drone yang diluncurkan di Ukraina juga dihancurkan di wilayah Bryansk, tiga di wilayah Kursk, dan dua di wilayah Belgorod. Laporan itu belum dapat diverifikasi.

Rusia jarang mengungkapkan informasi mengenai dampak penuh serangan-serangan Ukraina pada wilayah atau infrastrukturnya. Kiev mengatakan serangan ke infrastruktur militer, energi dan transportasi Rusia sebagai upaya mengurangi daya tempur Moskow.

Sementara itu gubernur wilayah Mykolaiv Vitaly Kim mengatakan serangan drone Rusia merusak hotel di Kota Mykolaiv. Kantor berita Rusia RIA melaporkan, hotel tersebut menampung tentara bayaran berbahasa Inggris yang bertempur di Ukraina. "Musuh menyerang kota dengan dorne jenis 'Shahed-131/136'," ujar Kim di Telegram.

"Akibatnya, sebuah bangunan hotel rusak berat, kebakaran terjadi, yang dengan cepat dipadamkan, tidak ada korban jiwa," tambahnya. Kim dan Dinas Darurat Negara Ukraina mengatakan serangan Rusia juga merusak jendela-jendela di sebuah hotel terdekat dan infrastruktur penghasil panas juga rusak.

Kantor berita pemerintah Rusia RIA, mengutip pejuang bawah tanah Rusia di wilayah tersebut, mengatakan  pasukan Rusia menyerang pabrik pembuatan kapal dan hotel di Mykolaiv yang menjadi tempat tinggal tentara bayaran berbahasa Inggris yang bertempur di Ukraina.

Laporan itu belum dapat memverifikasi secara independen. Tanpa memberikan detail Angkatan Udara Ukraina juga mengatakan pasukannya menghancurkan drone yang diluncurkan Rusia di atas Mykolaiv.

Angkatan Udara mengatakan empat drone lainnya yang diluncurkan Rusia dihancurkan di atas wilayah sekitar ibukota Kyiv, wilayah pusat Vinnytsia dan Kirovohrad, dan di atas wilayah barat Khmelnytskyi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement