Jumat 24 May 2024 17:24 WIB

Ini Laporan Awal Penyelidikan Kecelakaan Helikopter yang Tewaskan Presiden Iran Raisi

Hasil akhir penyelidikan akan dibagikan setelah penyelidikan selesai.

Warga memanjatkan doa saat mengikuti kegiatan doa dan tahlilan atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi di kediaman Duta Besar Iran untuk Indonesia di Jakarta, Rabu (22/5/2024). Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi bersama kerabat dan warga menggelar doa bersama dan tahlilan untuk mengenang wafatnya Presiden Sayed Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian dan seluruh delegasi dalam insiden kecelakaan helikopter.
Foto:

Sebelumnya, mantan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas insiden kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi. Menurut Zarif, sanksi dari AS yang selama ini dijatuhkan kepada Iran menjadi penyebab kecelakaan.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi nasional Iran, Zarif mengatakan, sanksi AS selama ini membuat akses Iran terhadap modernisasi sistem aviasi menjadi terbatas. Kondisi itu kemudian diyakininya berperan pada jatuhnya helikopter yang ditumpangi Raisi dan rombongan, termasuk Menlu Hossein Amir-Abdollahian di kawasan pegunungan Barat laut Iran.

"Salah pihak yang bertanggung jawab terhadap tragedi kemarin adalah AS, karena sanksi-sanksi mereka yang mencegah Iran memiliki akses dalam pengadaan suku cadang penerbangan," kata Zarif dikutip Iran International, Senin (20/5/2024).

Pernyataan Zarif mengemuka di tengah meningkatnya tensi geopolitik di mana Iran terus meningkatkan kerja sama dengan Rusia dan China. Namun, mengapa Iran masih mengandalkan helikopter generasi tua produksi AS seperti Bell 212.

Helikopter Bell 212 adalah helikopter sipil yang produksinya diadaptasi dari helikopter era Perang Vietnam, UH-1N "Twin Huey". Dikembangkan pada akhir 1960-an untuk militer Kanada, Bell 212 diperkenalkan pada 1971 dan dikembangkan untuk membawa muatan yang lebih berat dengan mesin turbo ganda.

sumber : Antara, Anadolu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement