Rabu 20 Jan 2016 15:07 WIB

Di Australia Juga Ada Madura, Terkenal dengan Peternakannya

Peternakan di Madura yang laku terjual Rp 100 miliar.
Foto: abc/Jumbuck Pastoral.
Peternakan di Madura yang laku terjual Rp 100 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Madura yang satu ini bukanlah sebuah pulau di sebelah timur laut pulau Jawa, tetapi kota kecil di negara bagian Australia Barat. Apa saja yang menjadi daya tarik kota kecil ini?

Kawasan Madura bisa ditempuh dengan waktu lebih dari 12 jam dengan menyetir dari kota Perth. Di 1876, Madura adalah kawasan peternakan yang terkenal dengan produksi kuda-kudanya yang bagus untuk kebutuhan berkuda dan olahraga berkuda.

Saat itu, banyak kuda-kuda dari daerah ini yang digunakan oleh pasukan Inggris di perbatasan India dengan Pakistan, saat ini. Tidak ada yang mengetahui secara pasti dari mana dan arti dari kata 'Madura'.

Tetapi pertama kali dicatat oleh seorang inspektur nama, bernama Turner di 1885 yang merujuk kawasan tersebut sebagai Moodeera. Kini kawasan Madura dikenal dengan produksi kambing dan peternakannya.

Bahkan karena begitu populernya, sebuah peternakan dengan luas 712 ribu hektare dengan 33 ribu ekor kambing telah laku terjual 10 juta dolar AS atau lebih dari Rp 100 miliar, Selasa (20/1).

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-01-20/di-australia-juga-ada-daerah-bernama-madura-terkenal-dengan-peternakannya/1538019
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement