Kamis 30 Mar 2017 12:21 WIB

Hujan Lebat Hambat Upaya Pemulihan Dampak Siklon Debbie

Peringatan waspada banjir diberlakukan di sekitar sungai Pioneer River di Kota Mackay.
Foto: ABC
Peringatan waspada banjir diberlakukan di sekitar sungai Pioneer River di Kota Mackay.

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Setidaknya 50 orang terisolasi di bagian terpencil Kota Mackay di Queensland utara, Australia, setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu semalam. Upaya penyelamatan kini sedang berlangsung.

Demikian disampaikan Komisaris Polisi Ian Stewart dalam keterangan pers, Kamis (30/3) pagi waktu setempat. Komisaris Stewart mengatakan sulit untuk mendapatkan rincian tepat dari wilayah tersebut.

"Saat ini kami dalam proses penyelamatan terhadap 11 orang yang terisolasi di dekat Eton," kata Stewart.

"Juga ada 40 orang lainnya yang perlu diselamatkan di daerah Homebush namun kru penyelamatan di air hadir di sana mengevakuasi kelompok warga tersebut ke West Leagues Club," katanya.

Cuaca buruk terus menghambat upaya pemulihan dampak siklon di Queensland utara. Banjir dan pohon tumbang masih memblokir jalan-jalan, saluran telepon rusak dan banyak rumah masih tanpa listrik.

Petugas tanggap darurat telah menyelamatkan puluhan warga dari banjir dan memperingatkan warga untuk menjauh dari daerah terdampak. Namun, menurut Matt Bass dari Biro Meteorologi (BOM) peringatan cuaca buruk dibatalkan untuk wilayah Queensland tengah dan bahwa cuaca tropis rendah masih berlaku dari sisa Siklon Tropis Debbie yang bergerak lebih cepat dari kemarin.

The Pioneer River flooding is close to inundating buildings along its banks
Banjir di sekitar sungai Pioneer River di Kota Mackay.

AAP: Daryl Wright

Wakil Menteri Utama (Premier) Queensland Jackie Trad mengatakan evakuasi sedang berlangsung dari Kepulauan Whitsunday. "Landasan udara Pulau Hamilton kini sudah beroperasi. Evakuasi sedang berlangsung atau ada keberangkatan dari Pulau Hamilton," katanya.

"Untuk Daydream Island, pasukan ADF [Angkatan Bersenjata Australia] melakukan pendaratan dengan membawa air, makanan dan bahan bakar dan memiliki kapasitas mengevakuasi sekitar 200 orang dari Daydream Island," katanya.

Di Kota Bowen, warga masih cemas setelah bertahan satu malam lagi tanpa listrik sementara hujan deras terus turun di kota tersebut. Wali Kota Whitsunday Andrew Willcox mengatakan upaya pemulihan terhenti oleh badai yang melanda pantai tadi malam. Dia telah meminta Angkatan Darat Australia untuk membantu.

"Kota Bowen terputus di kedua sisi. Kota Proserpine terputus di kedua sisi. Dan Kota Airlie Beach terputus di kedua sisi sehingga aksesnya sulit. Kami perlu mendatangkan generator," ujarnya.

"Kita akan memanggil militer untuk membantu membawa beberapa genset sehingga kami bisa mejalankan layanan mendasar," katanya.

A truck is seen submerged in floodwaters
Pekarangan rumah warga di Flametree, Kota Airlie Beach, yang digenangi air, Kamis (30/3) pagi.

Facebook: Jess Laurent-Meale

Kota Mackay mendapatkan curah hujan deras semalam. Pihak SES melaporkan terjadinya peningkatan panggilan bantuan untuk layanan darurat.

"Situasinya sangat heboh tadi malam, lebih banyak hujan dan angin sehingga menghambat operasi penyelamatan," kata Komisioner Queensland Fire and Emergency Services Katarina Carroll.

"Di Mackay tadi malam dan di daerah bernama Eton kami telah melakukan penyelamatan dimana kami memiliki kesempatan masuk dan menyelamatkan warga," jelasnya.

Peringatan bahaya banjir telah dikeluarkan untuk sungai-sungai Pioneer River, Burdekin River, Don River dan Proserpine River. Sebagian dari wilayah tersebut mendapatkan curah huja lebih dari 250 Mm dalam 24 jam terakhir, namun BOM mengatakan ketinggian sungai agak menurun di bagian muara Pioneer River.

An extensively damaged property in Proserpine
Salah satu kerusakan di Kota Proserpine, yang menjadi lintasan Badai Siklon Debbie.

ABC News: Allyson Horn

Militer Australia menggelar operasi di Proserpine dan kapal HMAS Choules sedang dalam perjalanan ke Whitsundays mengangkut peralatan khusus. Dua helikopter beroperasi di area dimana dua warga sebelumnya berhasil diselamatkan.

Premier Annastacia Palaszczuk mengatakan rencana tanggap darurat siap, termasuk tambahan bantuan penyelamatan di perairan dari negara bagian lain. "Kami tetap memantau pergerakan cuaca di setiap tahapan ketika bergerak secara bertahap ke wilayah pesisir kita," katanya.

"Apa yang sedang ditunjukkan adalah bahwa negara bagian kita ini sangat, sangat besar dan ini adalah sistem cuaca yang sangat, sangat besar yang mendatangkan malapetaka di wilayah pesisir," katanya.

A resident is assisted by the QFES Swift water Rescue team - including two dogs - in Mackay.
Seorang warga mendapat bantuan dari tim QFES Swift Water Rescue di Kota Mackay.

AAP: Daryl Wright

Kunjungan Perdana Menteri

Perdana Menteri Malcolm Turnbull dan Pemimpin Oposisi Bill Shorten mendarat di Queensland utara pagi ini dan berkeliling ke Kota Bowen yang terdampak siklon, sementara dampak kerusakan semakin kelihatan. PM Turnbull mengatakan saat ini sedang berlangsung pengerahan terbesar personel militer untuk bencana alam dalam sejarah Australia.

Menurut Premier Palaszczuk, PM Turnbull akan mendapatkan pespektif mengenai tantangan ke depan setelah mengunjungi wilayah tersebut.

Fire and rescue NSW workers prepare to respond to the situation in Proserpine.
Petugas tanggap darurat dari Fire and Rescue NSW bersiap mengatasi situasi di Kota Proserpine.

ABC News: Jano Gibson

"Saya kira jika ketika dia melihat langsung, dia akan memahami tingkat kerusakan dan fakta bahwa kita perlu mendapatkan beberapa perlengkapan yang diperlukan ke tempat-tempat seperti Proserpine yang terputus," kata Palaszczuk.

Bagi warga terdampak yang tinggal di Mackay dan Whitsundays dapat mengajukan permohonan bantaun cepat sampai 180 dolar AS per orang atau sampai 900 dolar AS untuk keluarga beranggota lima orang atau lebih.

"Warga membutuhkan makanan segar, air minum, obat-obatan dan pakaian," kata Menteri Urusan Komunitas Queensland, Shannon Fentiman.

"Kami tahu warga mengalami kesulitan. Ada kerusakan signifikan yang dialami banyak rumah dan kami ingin warga tahu bahwa ada bantuan yang tersedia," tambahnya.

Emergency staff sit in the evacuation centre in a town hall in Proserpine
Puluhan petugas tanggap darurat bermalam di evacuation centre di Kota Proserpine.

ABC News: Allyson Horn

Diterbitikan Pukul 11:10 AEST 30 Maret 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/hujan-lebat-hambat-upaya-pemulihan-dampak-siklon-debbie/8400398
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement