Rabu 11 Oct 2017 06:08 WIB

Bandara Dubai akan Tempatkan Pemindai Wajah Virtual

Rep: Christiyaningsih/ Red: Teguh Firmansyah
Penumpang terlihat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto: reuters
Penumpang terlihat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Bandara internasional Dubai dikabarkan akan segera meningkatkan sistem keamanannya. Seperti dilansir dari laman The Verge, sebuah lorong mirip akuarium yang berfungsi sebagai pemindai wajah virtual akan ditempatkan tahun depan.

Dengan berjalan melewati lorong, kamera akan memindai wajah dan mata para penumpang. The National melaporkan lorong akuarium tersebut akan dilengkapi dengan 80 kamera.

Dinding bagian dalam lorong bisa menampilkan berbagai pemandangan atau iklan. Ketika penumpang sudah melewati ujung lorong, sebuah suara akan menyapa dan mengucapkan 'have a nice trip'. Tetapi jika pemindai menemukan kejanggalan pada wajah dan mata penumpang, alarm akan segera berbunyi.

Akuarium virtual tersebut didesain dengan teknologi tingkat tinggi. Selama penumpang berjalan, dinding lorong yang menampilkan berbagai gambar otomatis menarik minat penumpang untuk melihat ke sekelilingnya. Dengan demikian, kamera dapat memindai wajah dari berbagai sudut.

"Lorong sengaja memunculkan banyak gambar yang menarik perhatian mata agar kamera bisa menangkap wajah penumpang dari berbagai sisi," jelas Deputi Director General, Gen Obaid Al Hameeri.

Rencananya lorong pemindai ini akan dipasang pada musim panas 2018. Proyek ini menggandeng maskapai Emirates sebagai partner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement