Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Ashraf Ghani Ajak Taliban Berpartisipasi Saat Pemilu

Ahad 15 April 2018 12:20 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

Foto: huffingtonpost.com
Ghani menilai ini adalah saat yang tepat bagi Taliban untuk memulai kegiatan politik.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengajak Taliban berpartisipasi dalam pemilu distrik dan parlemen yang akan datang. Ghani menilai ini adalah saat yang tepat bagi Taliban untuk memulai kegiatan politik.

"Jika mereka (Taliban, Red) percaya bahwa mereka memiliki akar di antara rakyat Afghanistan, maka pemilihan adalah sebuah kesempatan," kata Ghani pada Sabtu (14/4), dikutip laman Anadolu.

Ghani tidak menjelaskan bagaimana hal ini dapat dimungkinkan mengingat Taliban tak percaya pada demokrasi atau proses pemilu. Pemerintah Afghanistan telah menawarkan perundingan damai dengan Taliban. Ghani bahkan tak mengajukan syarat apa pun kepada Taliban bila mereka bersedia duduk di meja perundingan.

Ghani dalam sambutannya di Konferensi Kabul Process yang dihadiri pejabat dari 25 negara pada akhir Februari lallu mengatakan, Pemerintah menawarkan perundingan damai kepada Taliban tanpa syarat apapun. Ghani punmengajukan tawaran gencatan senjata dan pembebasan anggota Taliban yang kini ditahan.

Ia juga mengatakan siap menerima peninjauan kembali konstitusi sebagai bagian dari sebuah perjanjian dengan Taliban.

Tawaran Ghaniini mewakili pergeseran sikap yang sangat signifikan. Sebab sebelumnya Ghani kerap menyebut Taliban sebagai kelompok teroris dan pemberontak.

Namun Ghani menekankan, kerangka politik untuk perundingan perdamaian harus diciptakan melalui gencatan senjata dan mengakui Taliban sebagai kelompok politik yang sahdengan jabatan politik resmi. Sebagai gantinya, Taliban pun harus mengakui pemerintah Afghanistan dan menghormati peraturan hukumnya. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES