Jumat 02 Sep 2011 09:33 WIB

Iran: Sarkozy, Nuklir Iran untuk Damai, Hindari Komentar tak Realistis!

Sarkozy
Foto: quicker.fr
Sarkozy

REPUBLIKA.CO.ID,Deputi Urusan Eropa Barat Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran mengatakan bahwa pernyataan tidak realistis mengenai program nuklir Iran akan memicu instabilitas di kawasan dan harus dihindari.

Mereaksi pernyataan terbaru Presiden Prancis Nicolas Sarkozy tentang program nuklir Iran, Hassan Tajik Kamis (1/9) mengungkapkan bahwa program nuklir Iran bertujuan damai.

Pejabat Iran itu menegaskan laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah mengkonfirmasi status damai program nuklir Iran.

"Setiap pernyataan yang berdasarkan data tidak realistis dapat memicu instabilitas kawasan, dan komentar seperti itu harus dihindari," katanya.

Sebelumnya, Sarkozy Rabu (31/8) dalam statemennya mengklaim Iran berupaya membangun rudal jarak jauh dan "senjata nuklir" yang dapat menyebabkan negara-negara lain melancarkan serangan pre-emptive.

Tuduhan Sarkozy terhadap Iran datang setelah IAEA melakukan inspeksi langsung ke berbagai fasilitas nuklir Iran, tapi tidak pernah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa program nuklir sipil Iran telah dialihkan ke produksi senjata nuklir. 

sumber : IRIB/PH
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement