Ahad 27 Jul 2014 18:00 WIB

Akhirnya, Tim Pendaki Pakistan Sampai Puncak K2

Rep: c87/ Red: Agung Sasongko
Nepal Everest
Foto: AP
Nepal Everest

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD – Tim pendaki pertama dari Pakistan telah tiba di puncak K2 gunung tertinggi kedua di dunia. Para pendaki berhasil sampai puncak pada pukul 02.30 waktu setempat atau 22.30 GMT pada hari Jumat (25/7). Puncak K2 terletak di Pakistan, dekat dengan perbatasan utara Cina.

Pendaki gunung menganggap lebih menantang untuk menaklukkan K2 daripada Gunung Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia.  Seperti dilansir BBC, Ahad (27/7), para pendaki Pakistan melakukan ekspedisi pada ulang tahun ke-60 dari pendakian pertama yang berhasil mencapai puncak K2. Dua orang Italia Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli mencapai puncak K2 pada 31 Juli 1954.

Ekspedisi tim pendaki Pakistan di K2 melibatkan enam pendaki yakni Hassan Jan, Ali Durani, Rahmat Ullah Baig, Ghulam Mehdi, Ali dan Muhammad Sadiq. Selain itu terdapat tiga orang Italia yang tergabung dalam kelompok tersebut.  Pendaki Pakistan sendiri telah mencapai puncak sebelumnya, tetapi pendakian ini adalah yang pertama berhasil diupayakan oleh tim Pakistan.

Wartawan BBC Shahzeb Jillani di Islamabad mengatakan di masa lalu banyak pendaki yang meninggal dan kembali ke base camp karena lereng K2 yang curam dan sukar didaki.  Pada bulan Juni, organisasi Italia mendukung upaya Pakistan mengumumkan telah memasang stasiun cuaca yang menyediakan data untuk para pendaki dan monitor peneliti aktivitas di daerah pegunungan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement