Ahad 26 Apr 2015 16:08 WIB

Gempa Kuat Kembali Guncang Nepal

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Angga Indrawan
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU -- Gempa hebat kembali mengguncang area Kathmandu, Nepal pada Ahad (26/4) sore, sehari setelah gempa masif yang menewaskan hampir 2.000 orang. Gempa kali ini berkekuatan lebih kecil yaitu 6,7 SR.

Meski lebih kecil, gempa masih dirasa kuat di radius 50 km. Menurut US Geological Surveys, pusat gempa cukup dangkal di kedalaman 10 km dan kerusakan terasa dalam radius 50 km.

Masyarakat yang masih trauma dengan gempa histeris ketika mengalami gempa. Sebelumnya pekerja bantuan telah memperingatkan situasi bisa lebih buruk di dekat episenter.

US Geological Survey mengatakan pusat gempa berada di Lamjung, 80 km bagian timur laut Kathmandu. Episenter berada di distrik Gorkha.

"Desa-desa di dekat episenter benar-benar menghadap gunung dan terbuat dari struktur batuan sederhana,'' kata anggota staf lokal, Matt Darvas dalam pernyataan dilansir AP, Ahad (26/4). Ia mengatakan banyak desa telah terkubur oleh batuan yang jatuh dari pegunungan.

Gempa kali ini tercatat terparah sejak 1934. Saat itu gempa berkekuatan 8.0 SR dan menghancurkan beberapa kota yaitu Kathmandu, Bhaktapur dan Patan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement