Selasa 26 May 2015 10:27 WIB

Obama Peringati 14 Tahun Tanpa Perang Darat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden AS Barrack Obama.
Foto: AP Photo/Rob Griffith
Presiden AS Barrack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, ARLINGTON -- Presiden Barack Obama akan merayakan 14 tahun AS tanpa perang darat dalam upacara tahunan menghormati tewasnya pasukan AS, Selasa (26/5). Dalam sambutannya memuji personel militer AS yang bertugas di konflik seperti Perang Dunia II, Irak dan Afghanistan di Pemakaman Nasional Arlington di Washington.

"Bagi banyak orang diantara kita, Hari yang dikenang ini sangat bermakna, ini adalah hari peringatan pertam sejak perang Afghanistan berakhir," ujar Obama.

Obama juga merayakan pertama kalinya selama 14 tahun tidak melakukan perang darat yang besar. Tahun 2008 lalu saat mencalonkan diri menjadi presiden, pihaknya mengkritik tajam perang yang dilakukan di Irak oleh Presiden George W Bush.

Namun pasukan AS tetap terlibat dalam serangan udara yang dilakukan terhadap ISIS di Irak dan Suriah. Mereka juga masih melakukan pelatihan di Irak dan Afghanistan. Sebanyak 10 ribu tentara masih dikerahkan untuk melatih pasukan Afghanistan. Pihaknya akan mengurangi jumlah tersebut hingga akhir tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement