Rabu 24 Jun 2015 02:50 WIB

Cina Berambisi Saingi Militer AS

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Dwi Murdaningsih
Militer AS
Foto: VOA
Militer AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Cina memiliki ambisi serius menantang superioritas angkatan udara militer Amerika Serikat (AS). Hal ini memaksa AS untuk terus mengembangkan teknologi dan sistem yang ada di angkatan udara AS agar tidak kalah saing.

 “Cina dengan cepat menutup kesenjangan teknologi, mengembangkan radar menghindari pesawat pengintai canggih, rudal canggih dan peralatan perang lainnya,” ujar Sekretaris Deputi Pertahanan AS Robert Work, seperti dilansir reuters, Rabu (24/6).

AS diharapkan membangun hubungan baik dengan Cina. AS tidak bisa mengabaikan aspek kompetitif dalam hubungan dengan Cina terutama dibidang militer. Sebab, militer Cina terus menunjukkan peningkatan yang mengesankan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komis Militer Cina, Xu Qiliang mengharuskan negaranya terus berinovasi lebih baik di bidang militer. “Konstruksi peralatan militer kami yang bergeser dari penelitian catch-up untuk inovasi independen,” ucapnya.

Ratusan pejabat Cina sedang berada di AS selama tiga hari. Mereka membicarakan hal strategis terkait kerjasama antar kedua negara, termasuk militer di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement