Jumat 02 Sep 2016 18:48 WIB

Badai Hermine Hantam Florida

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Badai (ilustrasi)
Foto: Reuters
Badai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TALLAHASSEE -- Badai Hermine melanda wilayah utara Florida, Kamis (1/9). Untuk pertama kalinya selama 11 tahun, badai kategori satu itu terjadi di negara bagian Amerika Serikat (AS) tersebut.

Gubernur Florida Rick Scott mengumumkan status keadaan darurat di 51 wilayah. Warga diminta bersiap untuk menghadapi badai berbahaya, seiring hembusan angin yang dilaporkan terus menguat.

Pusat Topan Nasional (NHC) AS melaporkan hembusan angin mencapai kekuatan 80 mph atau 130 kilometer per jam. Pejabat di Ibu Kota Tallahassee mengatakan, saat ini aliran listrik di sedikitnya 70 ribu rumah diputus.

Para warga yang berada di jalur badai diminta untuk berkemas dan bersiap pindah ke tempat lebih tinggi. Hal ini karena terdapat resiko banjir bandang terjadi.

Dari laporan yang menyebar di media sosial, banjir telah melanda wilayah Ibu Kota Florida itu.  "Ini adalah kekacauan. Banjir mulai melanda dengan ketinggian air yang cukup mengerikan," ujar kepala kepolisian wilayah Cedar Key, Tallahassee, Virgil Sandlin dilansir BBC, Jumat (2/9).

Baca juga, Badai Tropis Colin Ancam Florida.

Ia menjelaskan terakhir kali bencana badai terjadi pada 1985 di wilayah itu. Namun, hingga peristiwa itu berakhir, tidak ada hal buruk yang menimpa para warga.

"Terakhir pada 1985 ada Bandai Elena dan saya tidak ingat ada sesuatu yang buruk terjadi, seperti saat ini," jelas Sandlin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement