Senin 17 Apr 2017 05:32 WIB

MHP: Kemenangan Pendukung Referendum Turki Prestasi Luar Biasa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Hazliansyah
 Proses penghitungan suara dalam pemilihan suara referendum Turki
Foto: AP Photo/Burhan Ozbilici
Proses penghitungan suara dalam pemilihan suara referendum Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Partai Pergerakan Nasionalis (MHP) Turki menyebut kemenangan pendukung "YA" dalam referendum merupakan prestasi luar biasa.

"Rakyat Turki melalui proses pemungutan suara ini dengan penuh kehormatan dan memutuskan mengubah sistem pemerintahan atas keinginan mereka secara bebas dan sadar. Ini prestasi luar biasa," kata pemimpin MHP Devlet Bahceli seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu Agency, Ahad (16/4).

Prestasi ini, kata Bahceli, tidak bisa diabaikan atau bahkan ditolak. Keputusan ini harus dihormati bersama sebagai hasil dimana warga Turki sepakat untuk memasuki sistem presidensial.

"Warga Turki sudah menyatakan keputusan akhir atas masa depan negerinya. Semua orang harus menghormatinya," kata Bahceli.

Bahceli juga menyampaikan selamat kepada seluruh rakyat Turki dan partai politik Turik pendukung "YA" untuk referendum. Ia menyatakan era baru Turki sudah dimulai saat rakyat Turki menyatakan "YA" untuk referendum.

Presiden Recep Tayyip Erdogan sendiri sudah menyampaikan selamat kepada petinggi partai pendukung "YA" setelah mengklaim kemenangan, meski hasil resmi belum diumumkan.

Pada Ahad (16/4), rakyat Turki memberikan suara dalam untuk menentukan perubahan konstitusi melalui referendum. Perubahan konstitusi telah dibahas sejak Recep Tayyip Erdogan menjabat sebagai presiden pada Agustus 2014 lalu.

Sementara itu, RUU perubahan konstitusi disahkan oleh parlemen Januari 2017. Reformasi akan menyerahkan kekuasaan eksekutif kepada presiden dan menghapuskan jabatan perdana menteri. Presiden juga akan diizinkan untuk mempertahankan hubungan dengan partai politik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement